Aplikasi Pembesar RAM di Ponsel Android Tanpa Root

Aplikasi Pembesar RAM di Ponsel Android Tanpa Root

Kehadiran berbagai aplikasi untuk menambah ram di android sekarang ini memang sudah banyak dijumpai. Namun kebanyakan aplikasi pembesar RAM tersebut memerlukan akses root. Meskipun demikian tak perlu khawatir, jika Anda bukan termasuk pengguna root, sebab masih ada solusi lainnya untuk memperbesar RAM di android bagi yang bukan pengguna root.




Apa Itu RAM?

RAM bisa dikatakan sebagai bagian terpenting dalam ponsel android. Mempunyai ponsel yang berkualitas bagus dan berharga murah, tentu merupakan syarat yang banyak dicari orang saat membeli smartphone. Awalnya ponsel hanya dimanfaatkan untuk berkirim pesan dan telepon saja, akan tetapi fungsi tersebut saat ini sudah tidak lagi menjadi prioritas.

Jika membahas tentang media penyimpanan, pastinya tidak terlepas dari yang namanya RAM, RAM (Random Access Memory) adalah media penyimpanan data/file sementara dalam sebuah perangkat. Saat hendak membeli smartphone, tentu Anda perlu memperhitungkan besarnya jumlah kapasitas RAM.
Karena peranan RAM yang begitu penting, saat Anda ingin menginstal sebuah aplikasi lalu membuka aplikasi tadi, maka data penyimpanan internal langsung terhubung pada RAM. Karenanya, penting sekali memilih smartphone atau ponsel dengan kapasitas RAM besar.

Sebagai media penyimpanan data, RAM juga dapat menunjang kinerja keseluruhan smartphone. Sebab pengoperasian RAM dapat langsung terhubung ke prosesor. Dengan begitu apabila RAM yang Anda miliki berukuran kecil, maka tak akan mampu menampung berbagai aplikasi yang Anda miliki. Imbasnya kinerja ponsel pun akan terhambat. Untuk memperbesar kapasitas RAM android itulah, Anda harus mengetahui bagaimana cara mudah untuk memperbesar kapasitas RAM di android. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbesar RAM di android tanpa akses root, berikut ini!


Menambah RAM Android Lewat Aplikasi

Memang ada banyak aplikasi untuk membantu meningkatkan kapasitas RAM, seperti Smart Booster, RAM Manager, RAM Optimizer, dan lain sebagainya. Akan tetapi, Anda perlu tahu perbedaan aplikasi pembersih RAM dengan aplikasi penambah kapasitas RAM.

Semua aplikasi di atas hanya berperan untuk menambah kapasitas RAM android Anda, dengan melakukan task killer. Selanjutnya, aplikasi RAM tanpa root manakah yang dapat membantu meningkatkan kapasitas RAM di smartphone android?

Metode untuk meningkatkan kapasitas RAM di android tanpa melakukan root cukup mudah. Caranya dengan memakai bantuan aplikasi. Dengan aplikasi inilah, dapat membantu Anda meningkatkan kinerja ponsel android.

Menggunakan Aplikasi Swapper

Anda bisa menjumpai aplikasi pembesar RAM android di Google Play Store, lalu cukup mengunduhnya saja. Untuk mengoperasikannya yaitu setelah selesai di unduh, langsung saja instal aplikasi tersebut. Anda bisa mengaktifkan menu swap on boot, kemudian masuk ke File Position dan pilih opsi SD Card Fat Partition. Di bagian lainnya, Anda bisa memasukan jumlah kapasitas RAM yang hendak ditambahkan dalam file size. Sesudah itu, Anda cukup menyimpannya dalam sistem konfigurasi.


Menggunakan Aplikasi RAM Expander

RAM Expander bisa Anda manfaatkan sebagai solusi penambah RAM di smartphone android, sehingga kapasitas RAM pun menjadi lebih besar. Aplikasi RAM Expander ini sangat membantu pengguna smartphone, khususnya bagi smartphone yang tak bisa menampung banyak aplikasi. Selain itu, aplikasi ini juga bisa menjadikan swap file pada VM sampai berkapasitas 4GB. Dengan demikian, bisa membuat RAM android lebih kosong meskipun diisi oleh banyak aplikasi. Sehingga membuat aktivitas bermain game dan aktivitas multitasking lainnya lebih lancar. Anda bisa mendapatkannya di Play Store.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel