6 Tips Untuk Menggunakan Block Editor Di WordPress

6 Tips Untuk Menggunakan Block Editor Di WordPress


Bagi Anda pemilik situs berbasis WordPress pastinya menghabiskan banyak waktu untuk membuat dan mengedit konten untuk dipos di situs Anda. Jika Anda sudah menggunakan platform WordPress yang paling baru maka Anda sudah didukung dengan content editor Gutenberg yang fungsinya adalah memudahkan Anda dalam membuat dan mengedit pos dibandingkan dengan editor sebelumnya. Meski begitu tidak banyak yang tahu mengenai trik-trik yang bisa digunakan pada Gutenberg untuk membuat pekerjaan Anda jadi jauh lebih mudah dan lebih cepat sehingga Anda bisa membuat konten yang memiliki kualitas lebih baik tapi waktu yang dibutuhkan untuk kerja jadi lebih singkat. Berikut adalah tips-tips untuk membuat Anda jadi lebih jago memanfaatkan Gutenberg untuk membuat konten WordPress layaknya seorang content creator yang profesional.


Mempelajari block dasarnya

Block adalah elemen inti dari Gutenberg di mana Anda bisa membuat dan mengedit konten dengan berbagai macam fitur yang ada pada block. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk menguasai penggunaan block karena setiap block akan menjadi elemen desain konten yang menentukan apakah konten Anda menarik untuk dibaca atau tidak.

Gunakan jalan pintas keyboard

Ketika Anda ingin memasukkan tautan ke dalam teks, atau mengubah format teks, biasanya jari akan berhenti mengetik dan menggunakan mouse untuk melakukan editing. Hal ini kurang efisien dan bisa memotong alur kerja Anda karena tangan yang berpindah dari keyboard. Gutenberg memiliki berbagai macam jalan pintas yang bisa Anda akses hanya dengan menekan tombol keyboard tertentu. Dengan demikian Anda bisa menulis dengan cepat sehingga konten yang memiliki word count banyak pun bisa diketik dengan waktu yang lebih singkat.

Cara membuat paragraf baru

Kebanyakan pengguna Gutenberg ternyata mengalami kesulitan dalam membuat paragraf yang baru. Padahal Anda tinggal menekan tombol “Enter” untuk membuat paragraf baru dengan jarak 2 spasi. Tetapi jika ingin membuat paragraf baru dengan jarak 1 spasi saja Anda cukup menekan tombol “Shift” + “Enter”. Dengan demikian Anda bisa dengan mudah mengatur alur baca agar membuat konten Anda lebih mudah dibaca orang.

Mengatur tampilan edit sesuai dengan kebutuhan

Halaman editor yang digunakan untuk membuat konten WordPress pada dasarnya hanya terdiri dari kanvas yang memiliki tampilan bersih dengan top bar dan kolom di bagian kanan dengan berbagai macam fungsi edit yang berguna untuk konten Anda. Anda bisa tampilan dan posisi toolbar dengan klik simbol tiga titik yang ada di bagian kanan, Anda juga bisa menampilkan atau menyembunyikan kolom edit  dengan klik simbol gear pada bagian kanan sebelah tombol “Publish”.


Menambah “heading” pada konten

Heading adalah elemen yang penting untuk tingkat readability pada sebuah konten, dengan adanya heading yang sesuai dengan kata kunci utama pada konten bisa membuat Google memberikan skor yang tinggi pada indeks konten Anda yang berguna untuk optimasi SEO. Untuk membuat heading pada konten Anda, cukup dengan memilih block untuk heading kemudian pilih ukuran dan juga posisi teksnya.

Menambahkan kolom pada konten

Block kolom pada konten bisa digunakan untuk mencantumkan daftar isi dari konten tersebut, bagian inti dari sebuah poin pembahasan, bahkan bisa juga diisi dengan kutipan penting yang merepresentasikan isi dari konten yang Anda buat. Pilih block untuk membuat konten, tentukan jumlah konten yang ingin dibuat, dan atur sendiri bagaimana Anda ingin menampilkan kolom.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel