Tips Cara Mengatur File Di PC Agar Terlihat Rapi

Tips Mengatur File di PC yang Rapi

Mencari sebuah file di PC dan tidak menemukannya pastinya akan membuat kamu pusing, terlebih jika itu adalah sebuah bahan yang sangat penting. Kamu mungkin akan mencoba mencari di Windows Search, namun tentu saja jika kamu masih mengingat nama yang kamu beri untuk file tersebut. Lalu bagaimana jika kamu lupa dan bahkan sama sekali tidak ingat nama file yang kamu cari? Kamu pasti akan sangat mengutuk kelalaian kamu sendiri.



Sebenarnya, kamu tidak harus mengandalkan Windows Search selamanya. Kamu juga bisa memakai keahlian dan kerapian dirimu sendiri. Yaitu dengan mengatur file atau pun folder serapi mungkin di PC kamu. Hal ini bukan hanya akan menambah nilai cantik pada PC kamu, namun juga akan sangat memudahkan kamu saat mencari sebuah data file penting.

Berikut tips cara mengatur file di PC agar terlihat rapi :


1. Pakailah Folder

Tip pertama kali yang bisa kamu aplikasikan sekarang juga adalah dengan menggunakan folder. Upayakan agar kamu tidak menempatkan file di sembarangan tempat. File yang tidak memakai folder akan terlihat sangat berantakan dan kacau balau. Bahkan kamu pun akan pusing untuk melihatnya saja.

Berkat menggunakan folder, kamu dapat melakukan berbagai kategori untuk file kamu. Seperti kamu memiliki foto, maka kamu dapat menempatkannya di folder “Fotoku”. Atau jika kamu mempunyai aplikasi maka kamu bisa menempatkan di folder “Aplikasiku”. Dengan cara ini kamu akan mudah menemukan kembali foto atau pun aplikasi yang kamu inginkan.

2. Pakailah Fitur Library

Kini, baik Windows 7 maupun Windows 8 sudah dilengkapi dengan fitur Library yang bisa membantu kamu untuk menempatkan berbagai data file. Usahakan kamu semua folder dan data yang kamu masukkan ke Library memiliki nama yang sesuai dengan Library. Contohnya kamu mempunyai folder Library yang namanya “My Video”. Maka pastikan jika kamu hanya menaruh file berupa video ke folder tersebut. Dengan cara seperti ini akan sangat memudahkan kamu untuk menemukan video yang ingin kamu nonton kembali.

3. Aturlah Sesuai Kategori

Selanjutnya kamu dapat mengatur file dan folder berdasarkan kategori. Contohnya, jika kamu mempunyai data file dari sekolah, maka kamu dapat mengelolanya semenarik dan serapi mungkin. Kamu dapat mengkategorikan yang mana file Microsoft Word dan yang mana file Microsoft Power Point. Hal ini akan memudahkan kamu saat pengambilan data file yang kamu butuhkan. Pastinya data file gambar, video serta musik sudah kamu pisahkan yaa.

4. Usahakan Untuk Tidak Terlalu Banyak Menggunakan Sub Folder

Pada dasarnya, sub folder merupakan sebuah hal yang penting dimiliki untuk mengatur file agar lebih rapi. Contohnya, untuk folder skripsi kamu bisa beri nama “My Skripsi”, dan selanjutnya ada sub sub folder yang bisa kamu beri nama ‘Skripsi Revisi I’, ‘Skripsi Revisi II’, dan begitulah selanjutnya.

Namun kamu harus lah waspada terhadap subfolder yang kamu pakai. Jika sub folder itu sangat banyak maka kamu juga akan membutuhkan waktu yang lama untuk menemukannya. Maka cobalah untuk meminimalisir penggunaan subfolder pada folder kamu.

5. Pemberian Nama Folder yang Tepat

Untuk pemberian nama folder usahakan agar tidak terlalu panjang. Pakailah nama folder yang pendek tapi tepat dan sesuai. Pemberian nama folder yang pendek namun sesuai akan sangat memudahkan kamu dan orang lain untuk menemukan saat melakukan pencarian.

Itulah tips untuk mengatur agar file di PC kamu terlihat rapi. Sehingga kamu pun akan mudah menjumpainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel