Tips Supaya File di PC tidak Dapat di Copy Paste

Tips Supaya File di PC tidak Dapat di Copy Paste

Punya banyak file di PC tentu saja membuat kamu tidak kesulitan untuk melakukan sesuatu. Seperti dokumen (baik penting maupun tidak), film (dari keluaran jaman hingga terbaru), video, musik (dari rock hingga jazz), dan data data file lainnya. Musik favorit adalah hal paling sering kamu putar saat kamu sedang mengerjakan sesuatu pada PC atau pun komputer. Karena menikmati musik ketika tengah bekerja merupakan sebuah keseruan dan ketenangan yang baik untuk dilakukan.\



Mempunyai banyak data file tentu tidak kamu dapatkan begitu saja. Kamu harus terlebih dahulu mendowbloadnya, hingga meminta copy paste dari teman terdekat. Namun ada satu hal yang akan membuat kamu kesel bahkan marah, yaitu jika ada seseorang yang mengambil atau meng copy paste file kamu dari PC tanpa sepengetahuan kamu. Ini jelas satu kerugian yang menimpa kamu karena kamu telah bersusah payah dan berjuang mendapatkan data yang kamu inginkan, tapi ternyata dicuri oleh orang dan menikmatinya.

Cara Cepat

Nah, untuk menghindari agar data file kamu tidak dapat di copy paste oleh orang lain maka kamu perlu mengetahui tip tip di bawah ini :


  • Klik Menu Start lalu Run atau langsung tekan Ctrl+R. Kemudian tuliskan ‘regedit’ pada kolom tulisan yang tersedia, lalu tekan OK. Maka registry akan terbuka.

  • Ketika Registry Editor telah terbuka, untuk selanjutnya klik 
  • HKEY_LOCAL_MACHINE / SYSTEM / CurrentControlSet / Control

  • Selanjutnya klak (klik kanan) pada tulisan Control, lalu pilihlah New >> Key dan beri nama
  • StorageDevicePolicies.

  • Berikutnya klak (klik kanan) pada tulisan StorageDevicePolicies dan pilihlah
  • New >> DwordValue selanjutnya kasih nama WriteProtect.

  • Kemudian cobalah untuk klik 2 kali pada tulisan WriterProtect dan ubahlah value tadi dari tulisan 0 menjadi 1.

  •  Terakhir adalah Restart PC kamu dan selesai.


Dengan cara itu, pastinya teman teman yang ingin copy paste data file kamu tidak akan bisa melakukannya.

Tips Manual Agar Data File Kamu Tidak Dapat di Copy Paste

Mungkin jika kamu tidak mengetahui cara di atas, maka kamu dapat melakukannya dengan cara manual. Mari kita lihat ulasan berikut :

1. Pindahkan Semua Data File

Cara manual pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara memindahkan semua data file yang ada di PC atau laptop kamu ke hardisk atau pun flash disk. Sehingga mereka mereka tidak dapat mengambil data kamu. Cara ini sebenarnya cukup merepotkan sih. Karena kamu juga sebentar sebentar harus menyambungkan PC dengan hardisk atau flash disk jika membutuhkan data.

2. Tidak Membawa PC Kemana pun Kamu Pergi

Mungkin kamu akan dibilang pelit atau apalah jika ke kampus tanpa PC atau laptop. Namun untuk mencegah agar file kamu tidak di copy paste oleh orang lain kamu dapat menyimpannya di rumah dan bekerja di rumah seorang diri. Tapi cara ini cukup aneh yaa.

3. Menuliskan ‘Virus’ Untuk Nama File

Selanjutnya kamu dapat menuliskan tulisan ‘VIRUS’ untuk beberapa data file penting di PC kamu. Hal ini tentu saja akan sedikit menimbulkan keraguan pada teman teman yang ingin mengambil data kamu. Tapi jika mereka membukanya tentu saja bisa juga yaa.

4. Memakai Kata Sandi

Hal terakhir adalah dengan mamakai password atau pun kata sandi untuk membuka laptop. Usahakan kamu tidak memberitahukan kepada siapa pun mengenai sandimu. Pastikan juga kamu melihat sendiri dan mengawasi ketika teman sedang membuka PC kamu.

Namun, ada masanya kamu boleh membiarkan teman teman untuk copy paste file dari PC kamu. Yakni ketika mereka meminta izin terlebih dahulu kepada kamu. Pastikan juga sambungan yang mereka tidak bervirus yaa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel