3 Tips Membuat Judul Artikel yang Ampuh Menarik Minat Pembaca

3 Tips Membuat Judul Artikel yang Ampuh Menarik Minat Pembaca


Sadarkah Anda kalau ada jutaan artikel yang dibuat setiap hari? Walaupun dipersempit ke arah topik artikel yang sama seperti yang ditulis di blog Anda, angkanya tetap tidak sedikit. Karena itulah Anda perlu memenangkan persaingan tersebut dan menarik perhatian sebanyak mungkin pembaca. Salah satunya adalah dengan membuat judul artikel yang dijamin bisa menarik perhatian mereka.


Berikut ini adalah beberapa tips sederhana, tapi ampuh dalam membuat judul artikel yang 100% menyedot perhatian pengunjung!

Tips Membuat Judul Artikel yang Menghipnotis

1. Bedakan Topik dengan Judul

Sayangnya, banyak penulis yang sekadar menggunakan topik sebagai judul; meskipun kelihatan sepele, sebenarnya ini adalah kesalahan yang sangat fatal. Topik pada dasarnya bersifat lebih umum, seperti:

  • Tips memilih sayuran.
  • Cara menurunkan berat badan.
  • Aplikasi untuk edit foto.

Sementara itu, judul lebih spesifik, dan menambahkan nilai plus yang akan membuat sebuah artikel berbeda dari artikel lain, meskipun punya topik serupa. Untuk topik yang sama, berikut adalah contoh judul:

  • Lakukan 4 cara ini untuk memilih sayuran yang masih segar di supermarket.
  • 7 cara menurunkan berat badan hanya dalam 1 bulan secara sehat.
  • Rekomendasi 5 aplikasi untuk edit foto lewat smartphone dengan hasil yang Instagramable.

Sekarang, coba bandingkan contoh topik dan judul di atas, sudah terlihat kan bedanya? Bukan karena judul lebih panjang, tapi judul punya nilai plus yang membuat sebuah artikel terlihat lebih menggelitik rasa ingin tahu pembaca.

2. Ketahuilah, Pembaca Menginginkan Manfaat!

Waktu yang dimiliki manusia sangat terbatas, dan membaca 1 artikel bisa memakan waktu sampai 5 menit, bahkan lebih. Kalau begitu, mengapa ada yang rela menggunakan waktunya untuk membaca? Jawabannya satu: mereka menginginkan manfaat dari sebuah artikel, baik itu informasi, solusi, hiburan, maupun pengetahuan.

Karena itu, buatlah judul artikel yang bisa langsung jelaskan manfaat apa yang akan didapatkan pembaca. Contohnya, bandingkan dua judul ini:

  • Tips memilih smartphone berkualitas.
  • Tips memilih smartphone RAM 4GB dengan harga Rp 2 jutaan.

Kata “berkualitas” dalam poin pertama masih sangat abstrak – seperti apa smartphone yang berkualitas? Sebentara itu, dengan merinci bahwa smartphone berkualitas adalah produk dengan RAM 4GB dan harga Rp 2 jutaan seperti di poin kedua, pembaca bisa mendapatkan gambaran konten dengan lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan mereka.

3. Gunakan Angka

Cara lain untuk membuat judul artikel yang lebih spesifik adalah dengan menggunakan angka, tapi bukan sembarang angka. Anda bisa variasikan penggunaan angka dalam judul lewat beberapa cara berikut:

  • Letakkan angka di tengah: Diet Paleo – 5 cara yang bisa Anda lakukan sekarang juga untuk memulainya!
  • Tambah pertanyaan: 7 gaya hijab paling populer di Indonesia tahun 2019, mana favorit Anda?
  • Langkah: 3 langkah mudah perawatan rambut rontok tanpa harus ke salon.
  • Maksimalkan angka: 39 alasan bisnis Anda masih belum berkembang.

Selain untuk judul, angka digunakan untuk listicle, yaitu artikel yang menggunakan format list atau daftar. Dan listicle merupakan jenis artikel paling populer dibandingkan jenis lainnya – jumlah share per artikel rata-ratanya kalah hanya dari infografis.

0 Response to "3 Tips Membuat Judul Artikel yang Ampuh Menarik Minat Pembaca"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel