4 Hal Penting Agar Blog Ada di Peringkat Atas Hasil Pencarian

Riset Keyword – 4 Hal Penting Agar Blog Ada di Peringkat Atas Hasil Pencarian


Masuk ke dalam halaman pertama hasil pencarian, apalagi sampai ada di peringkat atas, adalah sesuatu yang ditargetkan oleh para pemilik website maupun blog. Sebab, dengan begitu jumlah klik yang diperoleh pun jadi lebih banyak. Nah, agar blog Anda bisa masuk ke dalam daftar tersebut, riset keyword menjadi sesuatu yang wajib dilakukan dengan cermat agar Anda bisa menemukan kata kunci yang tepat.


Untuk memilih kata kunci yang tepat ketika membuat konten blog Anda, perhatikan empat faktor sebagai berikut.

1. Volume Pencarian (Search Volume)

Hal ini berarti dalam jangka waktu tertentu, berapa kali sebuah kata kunci dicari lewat Google. Data untuk riset keyword yang satu ini biasanya akan ditampilkan oleh keyword tool untuk hasil dalam satu bulan terakhir. Misalnya, volume pencarian sebuah kata kunci adalah 150.000. Artinya, kata kunci tersebut dicari di Google 150.000 kali dalam jangka satu bulan terakhir.

2. Tingkat Kesulitan Kata Kunci (Keyword Difficulty)

Tingkat kesulitan kata kunci mengindikasikan seberapa sulit sebuah kata kunci untuk muncul di halaman pertama hasil pencarian. Berbagai keyword tool biasanya menggunakan skala 1 sampai 100 untuk menunjukkan data ini – makin besar angkanya, makin sulit sebuah kata kunci untuk mencapai posisi pertama.

Di samping itu, keyword difficulty pun biasanya juga menunjukkan ada berapa backlink yang dibutuhkan agar suatu artikel dapat masuk ke dalam halaman pertama hasil pencarian. Apabila skor keyword difficulty kata kunci yang akan digunakan makin tinggi, maka jumlah backlink yang diperlukan juga semakin banyak.

3. Saran Kata Kunci (Keyword Suggestion)

Suggestion atau saran untuk kata kunci yang dimaksud disini berhubungan dengan kata kunci yang sedang Anda cari. Sebagai contoh, Anda sedang melakukan riset keyword untuk kata kunci “tips cantik alami”. Dari situ, keyword tool akan menampilkan berbagai saran kata kunci, misalnya “tips cantik dengan bahan alami”, “tips cantik alami ala Korea”, atau “cara menjadi cantik dan menarik”. Di samping itu, keyword tool pun biasanya menyarankan long tail keyword, yaitu kata kunci yang di dalamnya terdapat minimal tiga kata atau lebih (lihat contoh sebelumnya).

Dengan saran kata kunci, ada lebih banyak long tail keyword yang dapat Anda temukan, yang cocok untuk website atau blog yang Anda kelola. Penggunaan long tail keyword sangat dianjurkan, karena terbukti mampu menarik lebih banyak pengunjung. Hal ini ditunjukkan oleh data bahwa 70% pencarian di Google rupanya terdiri atas long tail keyword.

4. Search Engine Result Page (SERP)

SERP akan menunjukkan apa saja laman yang sukses berada di peringkat teratas hasil pencarian kata kunci yang sedang Anda lakukan risetnya. Tujuannya adalah untuk melihat kualitas laman-laman tersebut sampai akhirnya bisa menduduki posisi teratas hasil pencarian.

0 Response to "4 Hal Penting Agar Blog Ada di Peringkat Atas Hasil Pencarian"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel