5 Kesalahan Dalam Menggunakan WordPres Yang Bisa Anda Hindari

5 Kesalahan Dalam Menggunakan WordPres Yang Bisa Anda Hindari


Setiap orang yang baru membuat situs pasti pernah melakukan kesalahan, justru dari kesalahan itu Anda jadi bisa tahu bagaimana cara memperbaiki agar situs yang dikembangkan bisa memberikan hasil yang maksimal sesuai dengan tujuan dan targetnya. Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang banyak dilakukan para pengguna WordPress dalam membangun situs yang bisa Anda ketahui dulu agar tidak terjebak dengan kesalahan yang sama.



Salah memilih platform 

Pada dasarnya ada dua macam platform yang ada di WordPress, yang pertama adalah Wordpress.com yang merupakan layanan blog hosting, dan Wordpress.org yang merupakan layanan self-hosted. Jika Anda ingin memiliki situs dengan performa yang lebih baik, bisa diatur sesuka hati baik dari segi desain maupun teknologi yang didukung, untuk situs-situs yang penting seperti toko online, blog portofolio, situs perusahaan, dan situs profesional lainnya maka sebaiknya Anda pilih Wordpress.org. Dengan menggunakan platform ini Anda bisa memilih provider layanan hosting sendiri yang menurut Anda bisa menjadi pondasi yang kuat demi performa situs yang lebih baik.

Beli lebih dari yang dibutuhkan

Sekarang banyak yang menawarkan jasa hosting dengan kelebihan ini itu, fitur yang banyak macamnya dan membuatnya seolah Anda membutuhkan semuanya, padahal belum tentu. Terutama untuk situs-situs yang baru mulai atau situs untuk perusahaan startup yang masih berskala kecil, pada umumnya Anda belum membutuhkan dedicated server, segala macam prosedur keamanan, akun email yang banyak, dan fitur-fitur lainnya. Jika usaha Anda sudah makin berkembang dan beban situs makin besar, Anda bisa dengan mudah membeli fitur-fitur tambahan dari penyedia hosting.

Tidak memiliki pengaturan backup otomatis

Jutaan situs yang terdapat di internet yang online setiap harinya memiliki resiko untuk diretas yang bisa menyebabkan adanya kehilangan data. Jika data situs Anda hilang maka bisa berpengaruh pada kelangsungan hidup dari situs Anda. Maka dari itu install plugin terbaik yang bisa melakukan backup data otomatis untuk menyimpan data situs Anda ke cloud server seperti misalnya Google Drive, Dropbox, dan sebagainya. Banyak layanan penyedia hosting yang  juga memiliki fitur backup data secara otomatis namun data hanya disimpan di server host-nya saja. Jika server host tersebut mengalami masalah maka data situs Anda juga akan ikut terkena dampaknya.

Tidak memasang Google Analytics

Konten-konten yang Anda buat dan juga strategi pemasaran yang ingin dijalankan sebaiknya berdasarkan dengan hasil analisa dari perilaku audiens dan interaksinya terhadap situs Anda. Oleh karena itu diperlukan plugin yang bisa menyajikan data Google Analytics yang bisa dengan mudah Anda baca, menampilkan data-data yang penting mengenai bagaimana orang bisa menemukan situs Anda dan bagaimana mereka menggunakan situs Anda untuk memenuhi kebutuhan audiens, dan sebagainya. Banyak plugin yang bisa digunakan dengan gratis, namun untuk fitur yang lebih lengkap Anda pun juga bisa menggunakan plugin yang berbayar.

Melewatkan email list

Kenyataannya sebagian besar dari pengunjung situs Anda tidak akan kembali lagi mengunjungi situs Anda setidaknya untuk waktu yang lama. Lalu bagaimana caranya agar para pengunjung tersebut bisa kembali ke situs Anda ? Caranya adalah dengan membangun email list di mana para pengunjung mendaftarkan email-nya melalui situs Anda kemudian jika nanti ada konten baru mereka akan mendapatkan pemberitahuan via email. Dengan demikian akan lebih banyak audiens yang kembali ke situs Anda karena memiliki update mengenai konten baru yang menarik. Ada banyak cara untuk membangun email list yang akan dibahas pada lain kesempatan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel