5 Tips Dasar Teknik SEO Untuk Konten Blogger Terbaru Bagi Pemula

5 Tips Dasar Teknik SEO Untuk Konten Blog Anda


SEO adalah proses yang bisa meningkatkan rangking hasil pencarian halaman situs Anda di mesin pencari seperti misalnya di Google. Dengan rangking yang makin tinggi maka makin banyak pula orang yang akan masuk ke situs Anda, melihat konten Anda, mendaftar untuk menjadi subscriber, bahkan membeli produk Anda. Waktu terbaik untuk menerapkan teknik SEO adalah ketika Anda membuat konten tersebut tapi tidak ada salahnya melakukan perbaikan dan update pada konten yang lama dengan menggunakan strategi SEO yang lebih baik. Berikut adalah beberapa macam trik SEO mudah yang bisa Anda terapkan untuk konten baru maupun konten lama di blog Anda.


Keyword research yang baik

Teknik ini digunakan untuk mencari tahu kata kunci apa yang paling banyak diketikkan oleh pengguna mesin pencari pada sebuah topik tertentu, kemudian kata kunci apa yang memiliki potensi besar untuk dieksplor tapi belum banyak content creator yang memanfaatkannya, teknik ini juga bisa menentukan kata kunci turunan apa saja yang bisa Anda masukkan ke dalam konten untuk mendukung relevansi dari isi konten tersebut. Dengan demikian ketika membuat konten Anda tidak menggunakan kata kunci yang asal tebak melainkan berdasarkan dengan analisa kata kunci yang akurat untuk bisa mendapatkan traffic yang diinginkan.

Buat judul yang mengundang

Judul sebuah konten memiliki peran yang sangat penting bagi seseorang untuk mau mengklik halaman tersebut dan membaca isinya. Judul yang relevan dengan isi konten juga memiliki nilai tambah bagi mesin pencari untuk merangking halaman situs Anda. Jadi buatlah judul konten yang bisa menarik minat orang untuk mengklik, tetapi sesuai dengan isi kontennya jadi tidak sekedar clickbait dan melebih-lebihkan dari isi konten. Pilih judul konten yang relateable dengan target audiens Anda, dan jangan terlalu panjang.

Buat internal link di konten Anda

Setelah memiliki cukup banyak blog posts dan Anda ingin meningkatkan traffic untuk konten-konten yang lama Anda bisa memasukkan internal link ke konten-konten Anda yang baru untuk mengarahkan audiens ke konten Anda yang lain yang relevan dengan topik yang dibahas. Dengan demikian pembaca atau pemirsa konten Anda yang baru bisa melihat konten-konten yang lama dan mendapatkan esensi audiens yang lebih banyak dengan konten yang sudah lama. Membuat internal link juga merupakan salah satu bagian dari teknik  on-page SEO asalkan link yang dimasukkan mengandung informasi yang relevan sehingga ada kontinyuitas dari artikel satu ke artikel yang lain.

Masukkan gambar dan video

Konten yang bisa menarik perhatian audiens adalah konten yang berkualitas tinggi di mata SEO dan seringkali gambar serta video memiliki kekuatan untuk menarik perhatian audiens yang lebih kuat dibandingkan sekedar teks. Tapi hati-hati ketika memasukkan gambar atau video ke konten Anda, pastikan Anda tidak melanggar hak kepemilikan terhadap gambar maupun video yang Anda unggah. Anda juga bisa memasukkan gambar maupun video buatan sendiri dengan berbagai macam format yang beragam yang bisa menggambarkan isi konten dengan lebih menarik. Pastikan juga gambar maupun video yang dimasukkan ke konten sudah dioptimasi SEO-nya sehingga tidak membuat halaman situs Anda jadi berat dibuka dan akhirnya para audiens pun kabur karena menunggu situs Anda lama dibukanya.

Tambahkan meta description pada halaman

Metadesc adalah deskripsi singkat yang menggambarkan isi dari konten Anda. Fungsinya adalah kepanjangan dari judul yang bisa menarik minat orang untuk membuka halaman situs Anda dan membaca isi konten lebih lanjut. Deskripsi ini nantinya bisa muncul di halaman depan hasil pencarian, ketika Anda membagikan konten ke media sosial, maupun sharing platform lainnya. Untuk membuat metadesc yang bagus, masukkan kata kunci yang Anda gunakan agar mesin pencari bisa melakukan crawling untuk mengindeks konten Anda, dan tidak lebih dari 155 karakter atau huruf.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel