Beberapa Jenis Keyword yang Harus Anda Pelajari untuk Blog

Beberapa Jenis Keyword yang Harus Anda Pelajari untuk Blog


Bagi Anda yang sudah memiliki blog, tentu Anda sudah tahu pentingnya SEO dengan menggunakan keyword. Tapi tahukah Anda jenis keyword mana yang paling cocok untuk digunakan? Pemilihan keyword tentu bisa dibantu dengan beberapa tool, tapi jika Anda tidak tahu jenis keyword seperti apa yang bisa Anda ambil dan manfaatkan, tentu hal ini akan percuma.


Belajar mengembangkan blog tentu tidak mudah, dari topik keyword saja, sudah ada banyak hal yang harus Anda mengerti. Untuk membantu Anda, mari bersama belajar sekilas tentang beberapa jenis keyword yang sering digunakan untuk blog berikut ini:

Short-Tail Keyword

Jenis keyword ini tergolong populer untuk digunakan. Banyak website besar dan kecil menggunakan SEO ini karena bersifat general dan bisa menjaring para pengguna Google yang memasukan search term. Short-tail keyword merupakan kata kunci yang terdiri dari satu kata saja. Karena berbentuk seperti ini, konten yang bisa Anda buat tentunya juga lebih luas dan mudah.

Sebagai contoh, keyword seperti “laptop” dan “game” adalah hal yang umum dan bisa digunakan untuk banyak hal. Konten seperti review, jualan, analysis dan sekedar berita bisa semuanya menggunakan keyword tersebut.

Walaupun terlihat mudah digunakan, keyword bentuk seperti ini tergolong ketat persaingannya. Jika menggunakan keyword ini, Anda harus memaksimalkan SEO lain untuk mendapatkan ranking 1 di Google. Biasanya yang menguasai keyword seperti ini adalah perusahaan dan website yang besar.

Long-Tail Keyword

Kebalikan dengan short-tail keyword, long-tail keyword bersifat lebih spesifik dan menggunakan kata yang panjang. Walaupun menggunakan keyword panjang dan spesifik, search term ini diutamakan untuk menampung keyword yang sering digunakan tapi sedikit persaingan.

Keyword yang satu ini merupakan jenis keyword yang paling sering digunakan oleh blog – blog kecil untuk dapat menyisip ke halaman utama Google. Long-tail keyword ini menggunakan kombinasi beberapa kata. Karena menggunakan banyak kata, keyword ini bisa dibuat lebih unik dan spesifik untuk mengurangi persaingan.

Keyword yang satu ini biasanya menarget user tertentu yang mencari informasi dengan search term lebih spesifik. Sebagai contoh, jika Anda membuat konten artikel bahasan laptop yang direkomendasi, Anda bisa gunakan keyword seperti “laptop harga 3 jutaan”. Dari keyword ini Anda akan menarik banyak pencari informasi tentang laptop yang cukup murah.

Short-Term Fresh Keyword

Sama seperti banyak trend yang tumbuh di internet, Anda tentu akan menemukan bahasan yang populer dalam jangka waktu tertentu. Trend seperti ini juga bisa berupa keyword yang disebut short-term fresh keyword.

Keyword seperti ini sengaja digunakan untuk mengikuti trend yang sedang hot saat itu. Tentu saja hal seperti ini hanya akan menjaring pengunjung untuk sementara. Tapi jika Anda sukses, dalam jangka waktu trend ini, konten Anda akan dibanjiri lebih banyak pengunjung daripada konten yang bahasannya lebih relevan untuk waktu lama.

Contoh keyword seperti ini adalah “film Avenger” keyword ini tentu sangat hot saat ada film Marvel Avenger baru sedang tayang. Tapi saat filmnya sudah tidak tayang lagi selama beberapa bulan, keyword ini bisa saja mati dan tidak banyak orang mencari.

Geo-Targeting Keyword

Keyoword yang terakhir ini berusaha menjaring pengunjung di region tertentu. Biasanya keyword ini mengkombinasikan long-tail keyword dengan nama tempat. Sebagai contoh saja, Anda bisa buat konten pemasaran tentang ukiran. Karena Anda hanya bisa melayani pembelian di area Yogyakarta, kata kunci yang Anda buat adalah “jual ukiran kayu Yogyakarta”. 

Sekian bahasan jenis jenis kata kunci SEO yang mudah digunakan. Selamat mencoba dan terima kasih sudah membaca!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel