Beberapa Tips Meningkatkan Performa PC Atau Laptop

Beberapa Tips Meningkatkan Performa PC Atau Laptop


Perangkat komputer baik itu PC ataupun laptop yang lambat merespon perintah bisa sangat mengganggu kenyamanan penggunanya. Mengembalikan performa PC atau laptop agar kembali cepat bisa dilakukan dengan beberapa langkah yang cukup mudah. Beberapa cara berikut dapat dilakukan tanpa harus menambah elemen baru seperti menambah kapasitas RAM sehingga dapat dipraktekkan oleh siapapun.



Menghapus Temporary File Dan Mengosongkan Recycle Bin

Salah satu cara mengembalikan performa komputer yang melambat adalah dengan membebaskan lebih banyak ruang penyimpanan. Langkah ini bisa dilakukan dengan menghapus file sampah; baik itu temporary file yang tidak lagi digunakan ataupun file yang telah dihapus tetapi masih tersimpan di Recycle Bin.

Menggunakan Disk Cleanup

Membersihkan dirve dari file yang tidak lagi digunakan seperti file sementara yang masih tersimpan dapat dilakukan dengan menggunakan fitur Disk Cleanup. Mengaktifkan fitur ini akan mempercepat proses membersihkan hard drive dari file sementara yang tidak lagi digunakan dan sebenarnya bisa dihapus.

Membuang Program Yang Tidak Digunakan

Kebutuhan perangkat lunak atau program setiap user bisa berbeda – beda. Menganalisis program – program yang ada dan menghapus atau melakukan prosedur Uninstall dapat menjadi pilihan cara membebaskan lebih banyak ruang harddisk agar performa komputer kembali meningkat. Langkah lain yang bisa dilakukan adalah menghapus tool atau gadget yang diaktifkan; langkah ini dapat mengurangi beban processor sekaligus mengurangi penggunaan ruang memori untuk menjalankan gadget tersebut.

Mengurangi Jumlah Program Yang Dimuat Saat Komputer Dinyalakan

Setiap kali komputer dinyalakan; akan ada beberapa program yang secara otomatis dimuat dan diaktifkan oleh komputer. Mengurangi jumlah program yang harus dimuat pada saat komputer dinyalakan dapat mempercepat waktu booting sekaligus membebaskan lebih banyak ruang pada RAM; efeknya adalah performa komputer yang lebih cepat.

Menggunakan Anti Virus Yang Baik

Memasang antivirus yang baik menjadi hal penting bagi kesehatan sebuah perangkat komputer. Infeksi malware atau spywarer dapat menjadi alasan performa komputer menjadi menurun. Memasang antivirus yang baik dapat memudahkan deteksi virus dan mencegah komputer terinfeksi virus. Selain mencegah infeksi virus dalam bentuk apapun; program anti virus yang baik juga tidak membebani komputer atau menyebabkan komputer menjadi lambat.

Mengelola Virtual Memory

Mengingat upaya meningkatkan atau mengembalikan performa komputer ini tidak disertai dengan langkah menambah elemen baru seperti meningkatkan kapasitas RAM; maka salah satu cara menambah kapasitas ruang penyimpanan untuk membantu kinerja komputer adalah mengelola memori virtual.

Cara mengelola virtual memori dapat dilakukan dengan menghapus tanda centang pada opsi Automatically manage paging file size for all drives dan memilih Custom size dan mengisikan angka yang lebih besar dari kapasitas memori virtual yang semula.

Mematikan Animasi Dan Efek Visual

Gambar bergerak atau animasi akan membebani kinerja komputer karena memakan ruang memori dan juga menambah beban kerja processor. Salah satu cara mudah meningkatkan performa komputer adalah dengan mematikan animasi dan efek visual yang digunakan; baik itu pada wallpaper, efek mouse ataupun efek visual lain yang digunakan.

Melakukan Defragmentasi Secara Berkala

Salah satu penyebab kinerja komputer melambat adalah proses mengakses data atau file yang juga melambat. Salah satu penyebab melambatnya proses mengakses file adalah terpecahnya file menjadi beberapa bagian dan terletak di ruang penyimpanan yang tidak berurutan. Untuk meningkatkan kinerja komputer dengan cara menata kembali pecahan file menjadi satu kesatuan yang utuh dan berurutan adalah dengan menggunakan Disk Deframenter. Tool ini sebaiknya diaktifkan secara berkala untuk menghindari performa komputer menurun akibat fragmentasi file yang terlalu banyak.

0 Response to "Beberapa Tips Meningkatkan Performa PC Atau Laptop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel