Cara Membuat Artikel: 3 Jenis Konten yang Ampuh Tingkatkan Jumlah Pengunjung Blog

Cara Membuat Artikel: 3 Jenis Konten yang Ampuh Tingkatkan Jumlah Pengunjung Blog


Seperti apa cara membuat artikel? Kalau sekadar membuat artikel saja, menentukan topik, membuat judul, lalu menulis artikel dengan susunan pembuka-isi-penutup saja sudah cukup.


Akan tetapi, Anda yang punya blog pasti ingin artikel yang bisa menambah jumlah pengunjung dan pembaca, bukan? Nah, di sini, ada berbagai faktor yang memainkan peran penting. Mulai dari pemilihan topik yang populer, judul yang menghipnotis, sampai jenis konten yang menggoda pembaca.

Di dalam ulasan soal cara membuat artikel ini, Anda akan menjumpai 5 jenis konten yang sangat populer dan terbukti mampu tingkatkan jumlah pengunjung blog. Apa saja jenisnya? Simak daftarnya berikut ini!

1. Artikel Tutorial atau How-To

Orang-orang membaca sebuah artikel karena mereka ingin mendapatkan manfaat. Salah satunya adalah memperoleh solusi atas masalah yang mereka miliki. Karena itu, artikel tutorial sangat populer dibaca oleh para pengguna internet karena bisa langsung menjawab pertanyaan atau permasalahan mereka.

Untuk menekankan artikel ini, Anda bisa tambahkan angka di dalam judul agar semakin menarik. Misalnya, bandingkan antara kedua judul berikut ini:

  • Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga
  • 5 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga


Hanya dengan menambahkan angka saja, pembaca akan merasa lebih tertarik. Sebab, mereka langsung mengetahui apa yang bisa mereka peroleh dari konten yang akan mereka baca tersebut.

2. Kisah Sukses

Untuk menulis sebuah konten mengenai kisah sukses, Anda bisa mewawancarai langsung sosok tersebut, atau merangkum kisahnya dari berbagai sumber yang terpercaya. Jika Anda memilih untuk mewawancarai seseorang, dia pun akan diuntungkan oleh artikel yang mengekspos kisahnya. Hal ini pun bisa dijadikan sebagai sesuatu untuk meningkatkan kredibilitasnya dalam bidang yang digeluti.

Dalam menulis konten soal kisah sukses seseorang, Anda bisa memanfaatkan momen-momen tertentu yang bisa mendongkrak jumlah klik artikel tersebut. Contohnya di Hari Kartini, Anda bisa share artikel tentang peran R.A Kartini dalam mengupayakan emansipasi wanita di zamannya. Atau di Hari Sumpah Pemuda, coba share artikel tentang sosok pengusaha muda yang sudah Anda wawancarai sebelumnya.

3. Listicle

Listicle adalah artikel yang menggunakan list alias daftar. Karena itu, jenis konten yang satu ini selalu menggunakan angka di dalam judulnya. Selain itu, listicle merupakan jenis artikel yang sangat populer dan memiliki rata-rata jumlah share per artikel yang tinggi. Hal ini tidak mengherankan, karena pembaca cenderung mudah menyerap konten listicle berdasarkan judul dan poin-poin yang dituliskan di dalam artikel.

Beberapa contoh judul artikel listicle seperti:

  • 5 Tempat Wisata Alam di Jawa Tengah yang Belum Populer, Tapi Dijamin Membuat Terpesona
  • Terbongkar! Inilah 7 Rahasia Cantik Ala Wanita Korea yang Belum Banyak Diketahui
  • 10 Ide Bekal Makan Siang Sehat untuk Anak di Bawah Rp 20 Ribu


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel