Cara Memeriksa Tagihan PDAM Online Melalui HP Dan PC Dengan Mudah

Cara Memeriksa Tagihan PDAM Online Melalui HP Dan PC Dengan Mudah


Membayar tagihan PDAM merupakan kewajiban bagi para penggunanya. Lalu bagaimana cara memeriksa tagihan PDAM online melalui HP dan PC dengan mudah dan sederhana? Berikut penjelasannya,



Sekilas Mengenai PDAM

Semua sumber daya yang alam miliki yang menyangkut kehidupan banyak orang telah diatur oleh negara agar pembagiannya adil dan merata, termasuk juga mengenai air. PDAM atau Perusahaan Daerah Air Minum merupakan salah satu badan usaha yang dimiliki oleh daerah yang fokus bekerja dalam mengelola dan mendistribusikan air bersih bagi masyarakat di seluruh Indonesia. Bagi Anda yang merupakan salah satu pelanggan PDAM dan merasa mengalami kebingungan dalam memeriksa tagihannya bisa dibaca ulasan di bawah ini.

Berikut adalah kelebihan menggunakan air PDAM yaitu air PDAM merupakan air yang telah memasuki proses penyaringan atau filter agar menjadi jernih, PDAM akan selalu berusaha agar sepanjang tahun Anda tetap mendapatkan pasokan air bersih meskipun sedang berada di musim kemarau, dan PDAM menyediakan petugas atau teknisi yang akan mengontrol secara berkala suplai air bersih di daerah Anda.

Lalu apa bedanya dengan air tanah? Air tanah mempunyai kemurnian lebih karena tidak menggunakan zat kimia untuk menjernihkan air, jika dibandingkan dengan air PDAM yang melalui proses filter namun Anda tidak akan mengetahui apakah air tanah di daerah Anda telah terkontaminasi zat berbahaya atau tidak. Berikutnya ialah penggunaan air tanah memang membuat pengeluaran lebih irit, namun dimusim kemarau biasanya air akan mengering dan bahkan keberadaannya akan susah ditemukan. Itulah yang membedakan antara menggunakan air PDAM dan tanah.

Kalau Anda merupakan salah satu pelanggan PDAM yang mengalami kebingungan maka baca hingga selesai cara memeriksa tagihan PDAM online melalui HP dan PC yang telah familiar secara mudah.

Cara Memeriksa Tagihan PDAM Online Melalui HP dan PC

Inilah cara untuk memeriksa tagihan PDAM Anda dalam bulan ini:

Melalui website resmi PDAM

Lankah-langkahnya:

1. Buka situs resmi PDAM

2. Lihat menu “Info perkiraan tagihan pelanggan”

3. Masukkan ID pelanggan PDAM milik Anda

4. Tekan “submit”

5. Anda akan mengetahui jumlah tagihan PDAM bulan tersebut.

Melalui website PDAM Tokopedia

Langkah-langkahnya:

1. Buka situs Tokopedia

2. Pilih menu tampilan “tagihan dan top up”

3. Pilih Air PDAM agar Anda bisa melihat berapa jumlah tagihannya.

4. Pilih wilayah atau area PDAM Anda

5. Sign in nomer ID Pelanggan PDAM Anda

6. Anda telah dapat mengetahui jumlah tagihannya.

Menggunakan Aplikasi

Pengelola PDAM setiap daerah berbeda-beda, jadi tidak ada khusus satu aplikasi resmi dari PDAM. Namun, Anda dapat memanfaatkan aplikasi Tokopedia yang ada di HP untuk memeriksa tagihan PDAM secara online.

Langkah-langkahnya:

1. Buka dan jalankan aplikasi dari Tokopedia

2. Masuk pada pilihan Menu “Tagihan”

3. Pilih menu “Air PDAM”

4. Pilih pengelola PDAM di wilayah Anda

5. Masih sama dengan sebelumnya, masukkan kode ID pelanggan PDAM

6. Sudah selesai dan Anda telah bisa melihat seberapa besar tagihannya.

Ini semua adalah langkah yang bisa Anda lakukan melalui HP dan PC untuk memeriksa tagihan PDAM secara online.

Itulah tips mengenai cara memeriksa tagihan PDAM online melalui HP dan PC dengan mudah menggunakan website maupun aplikasi HP. Sehingga Anda dapat melakukan pemantauan rutin agar tidak terlambat dalam melakukan pembayaran tagihan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel