Cara Mengatasi PC Dan Android Yang Lemot

Cara Mengatasi PC Dan Android Yang Lemot


Mempunyai gadged yang lemot tentu akan membuat jengkel. Gadged yang berupa PC ataupun smartphone Android Anda tentu pernah mengalaminya. Lalu bagaimana cara mengatasi PC dan Android yang lemot tersebut? Inilah cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu mengatasi permasalahan lemot pada PC dan Android.



Cara Mengatasi PC Yang Lemot

Mengatasi PC lemot memang langkah yang harus diambil, selain dapat mengganggu kinerja penggunaan PC dapat juga mempengaruhi hal lainnya. Lalau apa yang menyebabkan PC menjadi lemot? Salah satunya ialah menumpuknya folder dan file samaph yang harus dibuang agar dapat mengosongkan memori yang terpakai tadi. Berikut adalah langkah dalam membersihkan file dan folder sampah di sitem PC, antara lain:

1. Masuk kedalam menu Run dengan menggunakan tombol “Windows(logo bendera 4 bagian)+R” pada keyboard.

2. Ketikan kata “prefetch” di kolom Searching

3. Klik tombol OK

4. Kemudian akan Anda akan mendapatkan tampilan halaman yang didalamnya berisi file sampah dari sistem komputer yang menggunakan ekstensi “pf”.

5. Pilih semua file tersebut yang menggunakan ekstensi “pf” hanya dengan menekan “Ctrl+A” pada keyboad komputer.

6. Cari di keyboard tombol “Del” kemudia tekan atau bisa dengan klik kanan dan temukan menu “Delete”.

7. Setelah pembersihan berlangsung maka bisa dilihat apakah semua file “pf” telah terhapus, barulah gunakan aplikasi cleaner untuk membantu pembersihan tersebut. Jika belum memilikinya maka Anda dapat mendownloadnya terlebih dulu.

8. Buka aplikasi Cleaner lalu pilih menu “Cleaner” dan tekan tombol “Analyze”.

9. Setelah proses loading selesai maka tekan menu “Run Cleaner”.

10. Boleh mengulang menekan tombol Run Cleaner lagi jika masih didapati sampah yang belum terbersihkan.

Demikian langkah yang bisa dilakukan untuk dapat membersihkan file-file yang telah menjadi sampah. Sehingga memori PC tidak dipenuhi lagi dan masalah lemot dapat diselesaikan.

Cara Mengatasi Android Yang Lemot

Yang berikutnya bahasan mengenai cara mengatasi PC dan Android yang lemot ialah bagian Android yang akan diatasi. Inilah langkah yang bisa Anda ikuti!

1. Temukan Permasalahannya.

Hal pertama yang harus dilakukan ialah mencari tahu permasalahan apa yang menyebabkan Android anda menjadi lemot. Itu bisa dibantu dengan menggunakan aplikasi Trepn yang ada pada Qualcomm.

2. Hapus file sampah yang telah menumpuk.

Yang kedua ialah sama seperti yang dilakukan pada PC yaitu menghapus file-file sampah yang tak diperlukan, dimana keberadaannya hanya akan membebani memori Android.

3. Non-aktifkan Widged

Sadar ataupun tidak, widged mengambil banyak daya baterai pada smartphone Android. Semakin banyak Anda memasang Widged maka akan semakin banyak pula sumber daya yang terkuras.

4. Non-aktifkan animasi yang tak diperlukan

Animasi memang akan membuat tampilan smartphone menjadi lebih bagus namun di sisi lainnya akan membuatnya menjadi lemot. Jadi non-aktifkan animasi yang tidak Anda perlukan.

5. Tutup aplikasi yang tak digunakan.

Membuka aplikasi smartphone secara bersamaan hanya akan membuat smartphone menjadi lemot sebaiknya tutup yang tak diperlukan.

6. Restart Smartphone Android

7. Menggali permasalahan lebih dalam lagi

Melakukan identifikasi permasalahan lebih dalam dengan memantau aplikasi yang banyak memakan RAM.

Masalah yang dihadapi oleh PC dan Android memang banyak sehingga terkadang membuat kinerja keduanya menjadi lambat alias lemot. Nah, itulah tadi cara mengatasi PC dan Android yang lemot yang semoga bisa membantu mengembalikan kinerja PC dan Android Anda seperti semula.

0 Response to "Cara Mengatasi PC Dan Android Yang Lemot"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel