Cara Rewrite Artikel Untuk Blog 100% Unik Dan Benar

Cara Rewrite Artikel – kali ini saya akan share dan membahas mengenai, bagaimana sih cara rewrite artikel agar bisa unik, dan bahkan bisa unik dari yang di rewrite. Sebelum lanjut ke caranya, sebenarnya rewrite artikel itu dilarang tidak sih? 


Kalau menurut saya sendiri selaku admin blog ini, rewrite artikel tidak dilarang sama sekali. Mengapa ? karena kita hanya melihat sekilas, mengambil poin-poinnya saja dan nanti akan dikembangkan oleh kita sendiri. Semua kalangan blogger, banyak sekali yang melakukan rewrite atau menulis ulang artikel di blog lain. Hal tersebut bukan termasuk Copy Paste, karena hanya ilmunya saja yang kita ambil.

Jadi kalau kalian mau melakukan rewrite artikel dari blog lain, kalian harus memahami isi dari artikel tersebut. Lalu kalian tulis ulang dengan gaya bahasa sendiri. Terus untuk bagaimana cara menulis artikel rewrite agar unik 100%? Bahkan bisa lebih unik dan bagus dari yang aslinya, untuk hal tersebut simak berikut ini :

Cara Rewrite Artikel Untuk Blog


Berikut ini akan saya bagikan cara rewrite artikel yang benar untuk kalian semua. Kalian bisa melakukan Tips tau Cara Rewrite artikel ini agar hasil lebih maksimal, unik dan juga bisa SEO.

1.Cari Referensi Artikel 1 Sampai 3 Referensi dari Blog Lain.

Carilah beberapa sumber artikel yang akan anda rewrite. Tipsnya kalian bisa cari dari blog – blog yang sudah besar dan artikel – artikel yang SEO, biar hasil kalian juga ikut bagus. Usahakan mencari artikel yang banyak di cari oleh orang – orang agar mendapat pengunjung atau viewers. 

Mengapa harus lebih dari 1 sumber?

Jika kalian menggunakan lebih dari 1 referensi, maka artikel kalian akan lebih lengkap informasinya dan banyak disukai oleh para viewers. Kebanyakan blogger – blogger hanya menggunakan 1 sumber, dan hasilnya tidak akan maksimal. Selain itu jika kalian hanya menggunakan 1 sumber saja, hasilnya akan terlihat sama, meskipun kalian sudah tulis ulang dengan kata – kata sendiri. Jadi efisiennya kalian harus mencari sumber artikel lebih dari 1 sumber.

Kalau kalian sudah menemukan sumber artikelnya, kalian jangan langsung menulis, kalian harus memahami dulu isi – isi dari artikel tersebut agar kalian paham. Setelah kalian sudah paham, kalian bisa melakukan rewrite atau menulis ulang artikel tersebut.

2.Menggunakan Bahasa Yang Mudah Dipahami

Jika kalian sudah melakukan poin 1, yaitu mencari sumber artikel dan mulai rewrite, gunakanlah bahasa yang mudah di pahami. Gunakan bahasa yang komunikatif dan mudah dipahami agar konten artikel anda memiliki gaya yang konsisten. Buatlah artikel yang mudah dipahami oleh pengunjung, agar pengunjung suka dengan gaya tulisan anda. Jika kalian melakukan hal tersebut pengunjung akan betah untuk berkunjung ke blog kalian.

3.Jangan Mengubah Kalimat Aktif Menjadi Pasif dan Sebaliknya

Perlu kalian ketahui bawah menulis ulang atau rewrite bukan berarti kalian membolak balikan kata, mengubah kalimat aktif menjadi pasif dan sebaliknya justru akan membuat konten artikel anda tidak enak di baca. Hal tersebut membuat pengunjung tidak suka dan akan back dan cari artikel lain.

4.Gunakan Gambar Yang Berbeda

Meskipun kalian rewrite artikel, kalian juga harus mengganti gambar dengan gambar kalian sendiri. Jangan kalian menggunakan gambar dari sumber karena gambar tersebut bisa saja memiliki lisensi atau hak cipta dari sumbernya. Kalo kalian mau download gambar, kalian bisa ke penyedia gambar yang free lisensi. Namun kalian harus tetap menggunakan gambar yang sesuai dengan topic yang kalian bahas.

5. Menambahkan 5 W dan 1 H

Apa yang di maksud dengan 5 W dan 1 H. Arti dari 5 W dan 1 H adalah What, When, Why, Who, Where. Dan 1 H adalah How. Menambahkat kalimat – kalimat yang mengandung 5W dan 1H tersebut akan membuat konten artikel kalian lebih menarik. Banyak sekali blogger yang menggunakan itu. Tapi saran saya jangan berlebihan, gunakan 5 W dan 1 H secukupnya saja. Jika kalian berlebihan, akan membuat artikel anda terlihat jelek.

6.Membuat Kata Penutup

Setelah semua jadi, kalian harus membuat kalimat penutup untuk konten artikel anda. Buatlah 1 sampai 3 paragraf untuk penutupnya. Untuk penutup jangan Copy Paste, kalian bisa membuatnya sendiri. Saya yakin hampir semua orang bisa kalau membuat kalimat penutup. Kalian bisa membuat kalimat penutup yang berhubungan kembali dengan isi artikel, atau mungkin bisa di isi juga dengan kesimpulan isi artikel.

7.Membaca Ulang Hasil Rewrite

Setelah hasil menulis ulang anda sudah ada dan sudah selesai, kini saatnya anda membaca ulang untuk hasilnya. Kalian harus membaca ulang semuanya dan benar – benar memahami isinya. Kenapa? Karena untuk memastikan apakah konten artikel anda benar – benar sudah nyaman dan enak dibaca atau belum. Jika artikel anda terkesan muter – muter dan membingungkan sebaiknya anda mengganti kata – kata yang terkesan membingungkan pembaca. Hal ini sebenarnya untuk koreksi saja, agar hasilnya lebih maksimal.

8.Berlangganan di Situs Terpercaya

Jika sudah ada hasil dari kegiatan rewrite kalian, saatnya anda berlangganan di situs sumber artikel yang kalian rewrite tadi. Apa tujuannya? Agar jika situs tersebut update, anda akan mendapatkan pemberitahuan konten baru. Siapa tau kalian minat dan bisa dijaikan referensi untuk konten blog anda selanjutnya.

Nah, bagaimana dengan ke 7 poin di atas? Apakah kalian sanggup?. Rewrite itu tidak semudah yang kalian pikirkan, jadi kalian harus betul – bentul memahami isi yang mau kalian tulis ulang. Jika kalian tidak paham, alhasil pasti akan abrul adul hasilnya. Pengalaman admin dulu sulit untuk menentukan konten yang mau di update, sehingga dulu admin hanya cari – cari referensi di blog – blog besar, setelah itu mencari sumber baru dan mulai meniru isi nya dan menulis menggunakan gaya bahasa sendiri.

Ingat ya gaes, kalian tidak boleh Copy Paste mentah – mentah artikel orang lain. Hal tersebut sangat dilarang, dan tidak bagus juga untuk blog kalian. Jika ketahuan sama pemilik blog, blog kalian bisa di laporkan ke DMCA dan bisa saja blog kalian di hapus mentah – mentah oleh Google. Oke, sampai disini dulu, semoga bermanfaat bagi kalian semua. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel