Pentingnya Off Page SEO untuk Mengembangkan Blog Anda

Pentingnya Off Page SEO untuk Mengembangkan Blog Anda


Kebutuhan SEO tentu penting jika Anda ingin memiliki blog yang sukses. Dalam menggunakan SEO, Anda harus memperhatikan 2 tipe-nya. Tipe pertama adalah on page SEO yang sudah sering dibahas mengenai penggunaan keyword, optimasi blog, penggunaan analytic dan sebagainya.


Tipe yang kedua disebut sebagai off page SEO. Jenis SEO yang satu ini jarang dibahas karena sangat bergantung pada kepopuleran dan posisi Anda sebagai konten kreator di Internet. Jenis SEO yang ini menjadi hot saat penggunaan social media mulai dominan dalam semua interaksi online.

Bayangkan saja, hal seperti usaha, menjalin relasi, menjadi viral, membuat konten dan update berita semuanya bisa Anda dapatkan dari sosial media. Nah, karena hal ini, Google sudah memasukan nilai perhitungan social media ini menjadi unsurr SEO.

Anda bisa melihat buktinya dengan melihat hasil search dari Twitter dan YouTube untuk search term tertentu. Hal ini karena pencarian sudah memperhitungkan identifikasi seperti like, follow, retweet, subscriber dan juga views.

Untuk memastikan off page SEO blog Anda baik, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Berikut adalah beberapa hal tersebut:

Promosi Soal Brand dan Blog

Saat Anda memiliki blog tapi tidak pernah promosi, tentu tidak akan ada orang yang datang berkunjung. Untuk memastikan Anda mampu menarik banyak orang, cobalah promosikan blog Anda melalui banyak cara. Mungkin dengan memposting link ke blog Anda saat ada di forum jika topik relevan ataupun sekedar promosi dari chat grup teman – teman Anda.

Manfaatkan Sosial Media

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, penggunaan social media menjadi sangat penting untuk SEO. Jika ingin nama blog Anda lebih cepat menyebar, Anda bisa post related content yang ada di blog Anda melalui social media. Misal Anda membuat update artikel soal bahasan film ataupun game dan mengumumkannya di page Twitter Anda. Orang yang menekan link dari Twitter untuk datang ke blog Anda, tentu bisa memberi boosting SEO yang baik untuk blog.

Buat Cross Content

Untuk memperkuat keberadaan Anda di internet, tentu Anda tidak boleh membatasi membuat konten blog saja. Untuk dapat menjaring lebih banyak audiens, Anda bisa memanfaatkan banyak konten untuk dibuat sekaligus. Contoh saja Anda selain membuat tulisan di blog pribadi, Anda juga membuat video di YouTube serta melakukan stream di Twitch.  Nah, pada setiap platform ini Anda bisa sediakan link untuk menghubungkan semua konten – konten Anda.

Hal ini tentu akan membuat audience yang mengenal Anda di satu platform akan mengecek konten di platform lain milik Anda. Nah, pengunjung yang berdatangan dari link yang Anda sediakan di konten yang Anda buat tersebut. Dari banyaknya user yang menggunakan link, Anda tentu bisa menaikan SEO semua konten Anda sekaligus.

Membangun Koneksi dan Link Building

Banyak orang tentu sudah tahu bahwa SEO bisa dibangun dengan link – link. Untuk memastikan Anda dapat menyebarkan link ini dengan lebih baik, tentu koneksi bisa Anda manfaatkan. Contoh saja Anda bekerja sama dengan blog lain untuk saling post link dalam satu konten kerjasama. Contoh ini tentu bisa membangun link antara dua blog dan memperkenalkan dua audience ke blog yang direferensi.

Sekian beberapa informasi yang membantu Anda paham tentang apa itu off page SEO. Mudah – mudahan hal ini bermanfaat bagi Anda. Terima kasih sudah membaca!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel