Tips Menemukan Topik untuk Artikel yang Dijamin Populer

Tips Menemukan Topik untuk Artikel yang Dijamin Populer


Apakah Anda rajin menulis di blog? Kalau iya, apakah Anda sering mengalami masalah seperti kehabisan topik, atau blog yang tetap saja sepi walaupun sudah menerbitkan banyak artikel? Untuk masalah yang terakhir, bisa jadi penyebabnya bukan pada teknik penulisan Anda maupun cara Anda mempromosikan artikel. Hmm, kalau begitu, apa ya?


Masalah tersebut kemungkinan dikarenakan pemilihan topik artikel yang kurang tepat, atau kurang populer. Sebab, pengguna internet biasanya mengunjungi blog yang mempublikasikan konten dengan topik populer. Kalau begitu, bagaimana ya cara menemukan topik untuk artikel yang populer? Temukan jawabannya berikut ini!

Cara Menemukan Topik untuk Artikel, Terbukti Populer


1.Grup FB atau Forum

Topik populer berarti topik yang ramai dibicarakan. Nah, Anda bisa cari topiknya di dalam grup FB atau forum yang sesuai dengan tema blog Anda – keduanya merupakan sumber yang sangat andal dalam menemukan topik untuk artikel yang pasti populer.

Untuk menemukan apa topik yang populer, Anda bisa identifikasi dari pertanyaan apa yang paling banyak diajukan oleh para anggota grup maupun forum tersebut. Dari situ, Anda pun bisa menemukan berbagai ide konten artikel dengan mudah dan cepat!

2.Quora

Quora merupakan sebuah situs tanya-jawab, di mana seorang pengguna yang mengajukan pertanyaan akan mendapatkan jawaban dari para pengguna lainnya. Hanya saja, berbeda dengan grup FB atau forum yang bisa Anda temukan dalam bahasa Indonesia, para pengguna Quora kebanyakan berbahasa Inggris. Meski begitu, Anda juga bisa temukan topik dalam bahasa Indonesia, walau tidak banyak.

Di Quora, ada yang namanya sistem voting, di mana para pengguna akan memberikan suara mereka untuk topik diskusi yang mereka sukai. Artinya, jika vote sebuah topik makin tinggi, topik tersebut pun makin populer. Di samping itu, Anda juga bisa identifikasi popularitas sebuah topik diskusi dari jumlah jawaban yang diberikan, serta jumlah pengikut topik tersebut.

3.Cari Inspirasi dari Blog Lain

Cara yang satu ini sudah banyak dimanfaatkan oleh para blogger. Hanya saja, sayangnya banyak yang keliru dalam menerapkannya, seperti ikut-ikutan menulis topik yang sama (tentu saja dengan penulisan yang berbeda), atau memilih topik yang keliru dari blog yang jadi sumber tersebut.
Agar Anda tidak ikut-ikutan melakukan kekeliruan yang sama, ikuti langkah-langkah ini.

  • Temukan satu atau beberapa blog dengan topik serupa dengan blog Anda. Buka Google, lalu masukkan kata kunci ke dalam kolom pencarian, yaitu “blog [topik yang dicari]”. Kemudian pilihlah blog yang memang benar-benar populer.
  • Kunjungi situs seperti QuickSprout atau Social Count, lalu masukkan alamat blog yang populer tadi.
  • Tunggu selama beberapa saat. Jika blog tersebut sudah punya banyak halaman, prosesnya akan makan waktu lebih lama.
  • Setelah hasil pencarian keluar, Anda bisa temukan apa saja konten terpopuler dari blog tersebut. kemudian, Anda bisa jadikan sebagai referensi sebagai ide konten artikel Anda.

Untuk cara ini, pastinya Anda jangan sampai menulis artikel dengan isi yang sama persis, walaupun Anda menulis ulang artikel sumber dengan kalimat yang berbeda, ya. Anda pun harus pertimbangkan kenyamanan pengguna dalam membaca artikel dan faktor-faktor penting lainnya.

0 Response to "Tips Menemukan Topik untuk Artikel yang Dijamin Populer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel