Tips Menjaga Performa Laptop Gaming

Tips Menjaga Performa Laptop Gaming


Bermain game memang menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan untuk dilakukan, bahkan bagi seorang gamers terkadang rela mengeluarkan budget besar untuk mendapatkan laptop gaming. Tentunya laptop gaming ini memiliki spesifikasi yang lebih dibandingkan dengan laptop pada umumnya dengan harga yang juga biasanya relatif lebih mahal. Sehingga menjaga performanya tetap optimal adalah hal yang juga perlu anda perhatikan dengan baik tentunya.


Memastikan Instalasi Kabel yang Baik

Kunci utama dari laptop gaming adalah power supply yang kuat dan menggunakan berbagai macam instalasi kabel yang cukup banyak. Anda perlu memastikan bahwa setiap kabel yang dipasangkan dalam posisi rapi karena jika instalasi kabel tersebut berantakan maka dapat memicu konslet, apalagi jika kabel-kabel tersebut justru posisinya menutupi bagian kipas PC tentu akan mengganggu aliran sirkulasi udara. Maka anda perlu mengatur agar instalasi kabel yang digunakan bisa lebih rapi dan aman tentunya.

Saat Bermain Game Jangan Multitasking

Kebanyakan game yang serin dimainkan oleh para gamers memang memiliki penggunaan memori yang besar sehingga akan lebih baik jika anda tidak menjalankan program lainnya ketika sedang bermain. Sehingga sistem yang berjalan akan lebih fokus dan optimal untuk game yang sedang dimainkan. Tentunya hal tersebut akan membuat anda merasa lebih maksimal ketika sedang bermain game.

Menghapus Aplikasi Tidak Berguna

Setiap space memori yang ada pada laptop gaming ini tentunya sangat berharga dan dapat mempengaruhi performanya secara keseluruhan. Maka anda juga harus rajin untuk memperhatikan aplikasi yang terinstall di dalamnya, jika memang sudah tidak digunakan maka sebaiknya dihapus. Anda bisa membuka control panel kemudian pilih uninstall a program, dengan cara itu anda bisa mengetahui ukuran aplikasi dan kapan melakukan installnya. Bisa dipertimbangkan ukurannya jika anda menemukan aplikasi serupa dengan memori lebih kecil tentu akan lebih menguntungkan.

Update Software

Melakukan update software yang anda gunakan juga dapat meningkatkan proteksinya pada laptop gaming yang anda gunakan. Selain itu mengaktifkan scan virus selama menggunakannya juga menjadi tindakan yang tidak boleh diabaikan karena bagian yang sangat penting. Mencegah virus masuk ke dalam laptop anda dengan berbagai cara adalah langkah yang harus direncanakan agar tidak sampai mengganggu kinerja laptop anda, pastikan antivirus yang anda gunakan juga terus diupdate agar dapat melacak lebih detail mengenai virus yang ada pada setiap aplikasi. Maka anda perlu memperhatikan terlebih dahulu mengenai penjadwalan update software sesuai dengan kebutuhan anda masing-masing.

Melakukan Update Pada Driver Kartu Grafis

Kartu grafis memang menjadi salah satu pendukung maksimalnya performa yang akan anda dapatkan saat menggunakan laptop gaming. Maka menjaga kualitasnya tetap baik juga akan membantu untuk performa laptop gaming anda tetap dalam taraf yang optimal. Melakukan update menjadi satu-satunya jalan untuk menjaga kinerja kartu grafis. Untuk beberapa penyedia kartu grafis biasanya sudah ada fasilitas untuk selalu update sehingga akan memudahkan anda dalam menjaga performa laptop secara optimal.

Beberapa langkah tersebut terkadang masih seringkali diabaikan oleh kebanyakan pengguna laptop gaming. Maka anda harus mulai untuk memperhatikan dan melakukannya dengan baik sehingga performa laptop bisa tetap optimal meskipun sudah lama digunakan, selain itu juga meminimalkan adanya kemungkinan laptop sampai lag saat digunakan. Tentunya hal tersebut akan sangat mengganggu bagi anda terutama jika terjadi saat sedang seru bermain game.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel