Tutorial Melindungi Kolom Komentar Dari Spam Menggunakan reCaptcha

Tutorial Melindungi Kolom Komentar Dari Spam Menggunakan reCaptcha


Anda tentu tidak ingin kolom komentar blog Anda dipenuhi  oleh komentar spam yang tidak memberikan kontribusi diskusi antara pembuat konten dengan pembaca atau antar pembaca satu dengan pembaca lainnya. Kolom komentar yang diisi spam biasanya hanya mempromosikan produk atau halaman situsnya sendiri tanpa konteks. Padahal belum tentu link yang dicantumkan oleh penulis komentar adalah link yang aman untuk dibuka baik untuk Anda maupun bagi para pembaca konten Anda yang lainnya.


Oleh karena itu Anda bisa menambahkan fitur Google reCaptcha yang bisa menjadi kunci pengaman untuk menyaring bot yang mengganggu dan mengancam keamanan situs Anda. Bagaimana memasang reCaptcha untuk situs Anda? Jika Anda menggunakan WordPress sebagai CMS berikut adalah caranya.


Apa itu Google reCaptcha?

reCaptcha adalah teknologi penyaring bot dengan pengguna internet manusia yang sebenarnya, yang merupakan pembaruan dari teknologi Captcha yang sebelumnya telah dibeli oleh Google. Bentuk dasar reCaptcha adalah mengharuskan pengguna internet untuk mencentang pada kolom tertentu yang membuktikan bahwa dirinya adalah manusia bukannya robot atau bot sebelum melanjutkan ke proses yang selanjutnya. Selain itu ada juga yang bentuknya mengharuskan pengguna untuk menuliskan teks yang ditunjukkan pada boks, atau memilih objek-objek tertentu yang tersaji dalam gambar sesuai dengan perintah. Anda bisa memasangnya di formulir pendaftaran, sebelum masuk ke situs Anda, atau dipasang di bagian lain seperti pada kolom komentar.

Install reCaptcha di WordPress Anda

Langkah pertama adalah mencari plugin “reCaptcha in WP comments form” melalui dashboard WordPress Anda, atau mencarinya di bagian plugin di halaman resmi dari WordPress. Kemudian untuk melakukan aktivitas Anda bisa masuk ke bagian Settings lalu pilih “reCaptcha in Comments” kemudian silahkan atur bagaimana Anda ingin pengaman ini ditampilkan di kolom komentar Anda.

Registrasi situs untuk dapat reCaptcha API keys

Ketika melakukan aktivasi plugin Anda akan diminta untuk memasukkan 2 buah Google reCaptcha API keys yang bisa Anda dapatkan langsung dari situs reCaptcha yang resmi.  Jika Anda sudah masuk ke situs tersebut, langsung klik bagian “Admin Console” yang ada di bagian pojok kanan atas layar Anda. Anda akan diminta untuk masuk menggunakan akun Google Anda kemudian masih ke bagian pendaftaran situs baru di mana akan terdapat formulir untuk diisi dengan informasi dasar mengenai situs Anda.

Pilih mana jenis reCaptcha yang ingin Anda tampilkan di kolom komentar, Anda juga bisa mendaftarkan langsung lebih dari satu domain yang Anda miliki untuk menggunakan reCaptcha. Setelah formulir selesai diisi, klik “Submit” dan Google akan memberikan dua buah kunci untuk dimasukkan ke plugin di WordPress Anda.

Memasukkan reCaptcha ke kolom komentar

Masuk ke bagian Settings di dashboard WP Anda lalu dari sidebar di sebelah kiri pilih “reCaptcha in comments”. Masukkan kode atau keys yang Anda dapat  di langkah sebelumnya di bagian bawah halaman pengaturan plugin, jika sudah klik tombol untuk menyimpannya. Pada tombol on/off aktifkan ke posisi On untuk mengaktifkan plugin lalu klik “Save Changes”. Anda juga bisa melakukan pengaturan desain sesuai dengan keinginan Anda misalnya untuk tema tampilan, ukuran, posisinya, hingga bahasa untuk disesuaikan dengan audiens atau pengunjung situs Anda.

Ada juga pengaturan tindakan apabila reCaptcha mendeteksi adanya bot yang berusaha untuk meninggalkan komentar di kolom konten Anda atau jika ada upaya untuk membobol sistem keamanan ini.

0 Response to "Tutorial Melindungi Kolom Komentar Dari Spam Menggunakan reCaptcha"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel