4 Cara Memasukkan Video ke Blog atau Website Berbasis Blogger



4 Cara Memasukkan Video ke Blog atau Website Berbasis Blogger - Penggunaan video sebagai konten blog maupun website mengalami peningkatan tajam dalam empat tahun terakhir. Permainan konsep audio dan visual pada media tersebut memudahkan audiensi dalam memahami informasi yang ingin disampaikan content creator. Bahkan video bisa dibuat seinteraktif mungkin untuk menunjang engagement dengan target pengunjung.



Memasukkan video ke blog juga tak terlalu sulit. Apabila Anda menggunakan Blogger sebagai platform blog atau website, berikut empat metode yang bisa diterapkan untuk menyisipkan video.

1. Unggah video secara langsung

Metode ini bisa dikatakan yang termudah, terutama kalau Anda sudah menyiapkan video yang hendak ditayangkan. Namun, Anda harus pastikan koneksi internet yang digunakan stabil supaya proses pengunggahan tak terputus. Langkah-langkah memasukkan video secara langsung ke entri blog antara lain:

Akses dasbor blog dan buka entri yang akan Anda tayangkan;
Klik ikon Insert a video pada opsi media, lalu pilih video yang bakal Anda unggah. Tunggu sampai video berhasil termuat sepenuhnya pada entri tersebut;
Begitu selesai, Anda bisa memasukkan informasi tambahan pada video tadi.
Sekali lagi, metode ini membutuhkan kestabilan pada koneksi internet. Alih-alih menggunakan mobile data, manfaatkan Wi-fi atau modem. Periksa juga jaringan di sekitar tempat Anda mengunggahnya.

2. Sisipkan URL video dari sumber lain

Bagi Anda yang membutuhkan metode lebih cepat tanpa harus mengandalkan koneksi internet kuat, menyisipkan URL video dari sumber lain adalah solusi tepat. Langkah-langkah lengkapnya dapat Anda simak di bawah ini:


  1. Buka entri yang sedang Anda olah kontennya, lalu klik ikon Insert a video untuk menambahkan video;
  2. Selanjutnya, pilih tab From Youtube (kalau Anda memilih Youtube sebagai sumber URL video);
  3. Kemudian, masukan keyword (kata kunci) atau URL dari video yang ingin ditambahkan ke dalam entri blog, lalu tekan tombol pencarian;
  4. Klik video yang Anda cari, lalu tekan Pilih;
  5. Jika dilakukan dengan tepat, video akan langsung termuat pada entri.

3. Tambahkan video dari kanal Youtube

Anda punya akun Youtube sendiri? Dalam hal ini, Anda bisa menambahkan video pada entri blog lewat kanal Youtube dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Seperti dalam metode-metode sebelumnya, buka entri blog dan klik ikon Insert a video;
  2. Selanjutnya, pilih tab My Youtube videos yang akan mengantarkan Anda pada kanal Youtube pribadi;
  3. Dari sini, Anda dapat memilih satu atau beberapa video yang hendak ditambahkan pada entri blog, lalu klik Pilih;
  4. Video pilihan Anda akan termuat pada laman entri.

4. Masukkan video dengan kode HTML

Dalam metode ini, Anda harus menemukan dulu kode HTML dari video yang akan dimasukkan. Kode yang dimaksud umumnya diawali tag <iframe> dengan akhiran </iframe>. Sementara di Youtube, Anda bisa menemukan kode embled dengan mengeklik tab Bagikan, lalu pilih Embed. Selanjutnya, tinggal salin tempel kode. Setelah itu, Anda tinggal ikuti langkah-langkah ini:

Buka entri yang akan Anda sisipkan kode, lalu ganti opsi text editor dari Compose jadi HTML;
Kemudian, salin-tempel kode embed video yang Anda peroleh dari Youtube ke dalam entri;
Jika sudah berhasil, Anda bisa ubah kembali opsi text editor dari HTML ke Compose apabila ingin melanjutkan proses penulisan kontem.
Demikian empat cara memasukkan video ke entri blog atau website berbasis Blogger. Mudah-mudahan dapat bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel