9 Cara Mempercepat Internet Koneksi Wifi Dengan Mudah Terbaru

Saat berada di WIFI Coerner publik atau Jaringan Indihome milik sendiri terkadang koneksi internet Kita yang gunakan terasa lamban. Untuk itu, dibutuhkan x cara khusus untuk mempercepat koneksi internet di jaringan WIFI baik di Komputer maupun laptop. Kamu tidak perlu aplikasi khusus untuk mempercepat koneksi internet dari jaringan WIFI dengan menggunakan CMD saja atau aplikasi yang sudah disediakan oleh OS sistem. Well, untuk lebih jelasnya, berikut adalah X cara mempercepat koneksi internet di jaringan WIFI.



1. Pindah ke Tempat yang Memiliki Sinyal WIFI Kuat

Ada kemungkinan koneksi internet ketika terhubung ke jaringan WIFI disebabkan karena sinyal WIFI yang ada di tempat Kamu memiliki kekuatan yang sangat rendah.Teknologi WIFI menggunakan udara sebagai media tranfer data, sehingga penghalang seperti tembok akan membuat jaringan WIFI lemah. Untuk itu, coba lah mendekat ke router agar mendapat sinyal wifi yang kuat.


2. Gunakan WIFI Adapter Eksternal

Jika Kamu tidak mau berpindah tempat untuk mendekati sumber jaringan WIFI, Kamu bisa menggunakan wifi adapter. Wifi adapter eksternal adalah alat penangkap sinyal wifi dengan kekuatan yang melebihi wifi adapter internal. Carilah wifi adapter eksternal yang memiliki QOS besar. Semakin besar QOS wifi adapter eksternal, semakin bagus pula sinyal wifi yang akan Kamu dapat.


3. Cobalah untuk reset jaringan dan flush DNS

File cachedari DNS clientyang menumpuk membuat koneksi internet tidak stabil. Untuk dapat mempercepat koneksi internet, terutama menggunakan jaringan wifi.Cobalah untuk melakukan reset jaringan dan flush DNS. Berikut adalah cara reset jaringan dan flush dns untuk mempercepat koneksi internet jaringan wifi (mempercepat koneksi internet dengan CMD) :
  1. Buka CMD dengan cara klik “start”>pada kotak “search programs and files”ketik “cmd”>pilih Run As Administrator

  2. Atau Kamu bisa menekan kombinasi tombol “windows” + “R” nanti akan muncul window rum, lalu ketik ‘cmd’ dan tekan Enter.
  3. Ketikkan perintah “ipconfig /flushdns”> selanjutnya pencet Enter pada keyboard.
  4. Jika berhasil akan muncul tulisan “succesfully flushed the dns resover cache”.
  5. Selanjutnya ketik perintah “ipconfig /renew”, kemudian tekan Enter.
  6. Tutup jendelan CMD.
  7. Berhasil. Cobalah kembali mengakses internet, internet Kamu akan terasa lebih cepat.


4. Mengubah DNS Server

Jika melakukan reset jaringan dan flush dns masih belum mempercepat koneksi internnet di jaringan WIFI Kamu, cobalah untuk mengatur dns yang dipakai jaringan wifi Kamu. Berikut cara mengatur dns untuk mempercepat koneksi internet jaringan wifi :
  1. Klik ‘start’.
  2. Pilih ‘control panel’.
  3. pilih ‘network and internet’.
  4. pilih ‘network and sharing center’.
  5. pilih ‘local area connection’. Selanjutnya pilih ‘properties’.
  6. klik 2x pada ‘internet protocol version 4’.
  7. Pilih opsi ‘use the following IP address’.
  8. Fokus pada ‘alternate dns server’, isi kan dengan 1.1.1.1.
  9. 1.1.1.1 adalah dns milik google yang memiliki kecepatan internet yang stabil dan dapat mempercepat koneksi internet di jaringan wifi Kamu.


5. Mengatur QOS Bandwith

Bagi pengguna Windows 8 dan keatasnya, biasanya QOS untuk bandwith internet dari jaringan WIFI akan dibagi menjadi dua bagian, yaitu 20% bandiwth untuk update Windows dan 80% untuk jaringan internet. Mengatur QOS dari bandwith jaringan WIFI untuk akses internet, Kamu bisa melakukan cara berikut :
  1. Klik Start >pilih ‘Run’. Kamu juga bisa menekan tombol kombinasi Windows + R untuk membuka window ‘run’.
  2. ketik “gpedit.msc” , Kemudian tekan Enter.
  3. Klik ‘Local Computer Policy’>klik ‘Computer Configuration’>pilih ‘Administrative Templates’.
  4. Klik ‘Network’Selanjutnya pilih ‘QoS Packet Scheduler’.
  5. Klik 2x (double click) pada tulisan ‘Limit Reservable Bandwidth’.
  6. Klik tab menu ‘Enable’. Selanjutnya isi angka ‘0’ pada bagian ‘bandwith limit’.
  7. Klik Apply.
  8. Selanjutnya Kamu akan disuruh merestar Komputer atau laptop, klik saja ’Restart komputer’.


6. Atur file ‘IRPStackSize’ dengan Tweak Regedit untuk Mempercepat Internet dengan Jaringan WIFI

Jika mengatur QOS bandwith jaringan WIFI masih belum bisa mempercepat koneksi internet, cobalah untuk mengatur file ‘IRPStackSize’ dengan Tweak Regedit. Untuk melakukannya, Kamu bisa melakukan langkah-langkah berikut :



  • Klik Start > pilih ‘Run’. Kamu juga bisa menekan tombol kombinasi Windows + R untuk membuka window ‘run’.
  • ketik “regedit” selanjutnya klik Enter maka akan terbuka window ‘Registry Editor’.
  • Klik “HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\LanmanServer\Parameters”.
  • Klik kanan pada file DWORD yang memiliki nama “IRPStackSize”.
  • Klik Modifyselanjutnya ganti nilai tersebut menjadi 50.
  • Jika file “IRPStackSize”tidak ditemukan, buat file DWORD yang baru dengan cara klik kanan, New, DWORD Value.
  • Beri nama “IRPStackSize” pada filebaru tersebut dan isi Value nya 50.
  • Klik OK.
  • Selanjutnya coba Restart komputer untuk dapat menikmati hasilnya.


  • 7. Atur Port setiap Bitsuntuk Mempercepat koneksi Wifi

    Jika internet Kamu masih terasa lemot, Kamu bisa mengatur port untuk setiap bits agar koneksi wifi menjadi cepat. Cara ini bisa Kamu lakukan dengan cara :



  • Klik strart >klik kanan pada ‘My Computer’ atau ‘Computer’.
  • Klik ‘properties’.
  • Klik ‘Device Manager’.
  • Cari ‘Port (COM & LPT), klik tanda ‘>’, nanti akan muncul hardware yang Kamu gunakan untuk mengakses internet melalui wifi. Misalnya saya menggunakan ‘HUAWEI Mobile’.
  • Klik 2x pada driver tersebut.
  • Pilih tab ‘Port Setting’.
  • Pada bagian ‘bits per second’ ubah menjadi ‘12800’.
  • Klik OK.
  • Well meskipun begitu, cara ini terbilang ekstrem karena bisa saja terjadi kegagalan untuk terhubung ke jaringan WIFI. Untuk mengembalikannya, cukup lakukan hal yang sama namun angkanya dibuat seperti pengaturan awal tadi.


    8. Cek Kualitas Jaringan WIFI yang Kamu Gunakan

    Jika Kam sudah melakukan cara-cara diatas, cobalah untuk mengecek kualitas jaringan WIFI yang sedang Kamu gunakan. Mula-mula Kamu bisa melakukan cek up kecepatan internet dari jaringan WIFI yang Kamu gunakan, jika memang masih lemot, cobalah untuk melakukan cek up pada jaringan WIFI. Untuk melakukan cek up jaringan WIFI, Kamu bisa menggunakan aplikasi gratisan seperti NetSpot, Wireshark, Amped, Cloudcheck, dan lain-lain. Perhatikan bagian ‘kekuatan sinyal’, semakin kecil angka ‘dBm’ semakin bagus jaringan tersebut, semakin besar angka ‘asu’ semakin jelek jaringan tersebut. Pastikan angka ‘dBm’ berada di bawah 60 dBm, jika tidak internet akan lemot. Jika memang penyebab internet lemot dari jaringan WIFI yang Kamu gunakan disebabkan oleh kualitas jaringan wifi yang buruk, bersabarlah atau hubungi Penyedia Jasa Internet yang Kamu gunakan, apakah sedang ada trouble. Kamu juga bisa menggeser-geser antena yang ada pada router agar router yang Kamu gunakan bisa bekerja secara maksimal.


    9. Ganti Router/ Pindah Tempat

    Jika memang koneksi internet di jaringan WIFI yang Kamu gunakan selalu terasa lemot, meskipun sudah mencoba cara diatas, apalagi sudah terindetifikasi bahwa memang peforma router yang Kamu gunakan mengalami penurunan, cobalah ganti router. Atau bagi Kamu pelanggan setiap Wifi Id Corner, cobalah untuk pindah tempat agar bisa menikmati akses internet unlimitied dengan harga murah dari jaringan WIFI agar mendapatkan peforma yang cepat. Well, berikut adalah 9 cara mempercepat koneksi internet WIFI yang bisa Kamu coba. Cara mempercepat WIFI diatas sudah Kami uji coba dengan hasil 100% berhasil mempercepat koneksi Internet jaringan WIFI. Selamat berinternet ria, pastikan Kamu menggunakan internet untuk hal positif.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel