Cara Link Building Untuk Anda Yang Susah Dapat Link Dari Situs Lain

Cara Link Building Untuk Anda Yang Susah Dapat Link Dari Situs Lain


Salah satu teknik SEO yang cukup sulit untuk dilakukan adalah link building. Anda harus mengupayakan banyak cara agar pemilik situs lain mau memasukkan link ke halaman situs Anda di dalam kontennya sehingga algoritma Google bisa memberikan skor yang tinggi sebagai faktor untuk meningkatkan peringkat situs Anda di hasil pencarian. Sudah banyak melakukan cara agar orang lain mau untuk memberikan link pada Anda tapi nyatanya hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan yang diinginkan. Link building memang sulit tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Dari sekian banyak usaha yang Anda lakukan untuk link building, tingkat keberhasilannya juga jarang hingga mencapai 100%. Berikut adalah hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk link building yang bisa memberikan hasil signifikan.



1. Gunakan fitur Link Intersect

Link Intersect adalah fitur yang dimiliki oleh Ahrefs di mana Anda bisa melihat siapa saja situs-situs  yang memasukkan link dari kompetitor Anda. Tujuannya adalah meminta situs-situs tersebut untuk memasukkan link situs Anda juga sehingga nama situs Anda bisa masuk ke situs dengan niche yang kompettitif. Salah satu cara untuk mendapatkan link dari situs lain adalah dengan meminta langsung kepada pemilik situs atau blog melalui email. Tapi dengan menggunakan Link Intersect maka Anda akan berurusan dengan situs yang tidak segan untuk memasukkan link situs lain ke situsnya sendiri dan kemungkinan untuk diabaikan makin kecil.

2.Gunakan custom image

Makin populer situs Anda maka makin banyak orang akan mencuri gambar Anda. Maka dari itu Anda bisa membuat gambar sendiri misalnya infografis yang berisi mengenai informasi yang bermanfaat dan berkualitas tinggi. Tidak punya keahlian desain visual? Anda bisa membuatnya dengan bantuan berbagai macam tools misalnya Infogram atau membayar jasa desainer visual untuk membuatkan infografis yang bagus. Dengan menggunakan bantuan fitur pencarian gambar di Google Image Anda bisa tahu situs mana saja yang menggunakan gambar Anda tanpa memberikan kredit. Anda bisa menghubungi situs-situs tersebut untuk menuntut diberikan link sebagai kredit hak cipta Anda.

3.Mengklaim nama dengan link

Beberapa situs mungkin sebenarnya sudah menyebutkan nama situs atau bisnis Anda di dalam blognya namun tidak dibuatkan link untuk mengarahkan masuk ke situs Anda. Untuk situs-situs yang belum memberikan link seperti ini Anda bisa menghubungi pemilik situs/blog untuk mengganti nama brand atau usaha Anda dengan menambahkan link ke situs atau landing page Anda. Lebih baik lagi, jika Anda membagikan konten mereka terlebih dahulu me media sosial sebagai bentuk apresiasi karena sudah disebutkan namanya kemudian laporkan saat mengirimkan email agar mereka tidak segan untuk memberikan link.

4.Mengubah konten orang lain menjadi infografis

Banyak situs-situs dengan niche yang sama atau dekat dengan niche Anda saling berbagi data statistik yang bisa jadi informasi menarik bagi audiens. Anda bisa menggunakan data-data tersebut dan menyajikannya menjadi sebuah infografis yang menarik secara visual dan membuat orang lebih tertarik untuk memahami informasi tersebut. Unggah ke blog Anda dan jangan lupa untuk menyebutkan sumber data didapatkan dari mana. Setelah mendapatkan audiens, Anda bisa menghubungi situs sumber Anda mendapatkan data infografis dan memberitahu mereka bahwa data yang mereka sajikan sudah Anda ubah menjadi infografis. Kemudian mintalah dengan sopan agar mereka mau memasukkan link unggahan blog Anda ke situs mereka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel