Cara memilih Hosting Berkualitas agar Website SEO Friendly

Memilih hosting untuk membangun sebuah web tentunya akan berpengaruh terhadap kualitas dan kuantitas web tersebut. Hosting sendiri diibaratkan sebuah rumah yang isinya konten dari web yang Kita bangun, tentunya memilih hosting harus menggunakan cara khusus agar mendapat paket web hosting yang tepat. Bagi pengguna blogger yang ingin pindah menggunakan web hosting, tentunya akan kebingungan mencaripilihan hosting yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan budget yang tersedia. Kamu tidak perlu khawatir, berikut ini tips cara memilih hosting berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan website agar SEO Friendly.



1. Ketahui Syarat dan Ketentuan Penyedia Layanan Hosting Terlebih dahulu

Sebelum Kamu menentukan pilihan untuk membeli paket hosting pada suatu provider hosting, sebaiknya baca terlebih dahulu mengenai S&K penggunaan hosting yang mereka jual. Jika misalkan Kamu melanggar S&K provider hosting, kebanyakan provider hosting akan mengahapus akun Kamu secara paksa tanpa refund sepersen pun.

2. Pelayanan Provider Hosting

Hal Selanjutnya yang perlu Kamu perhatikan sebelum membeli hosting adalah kualitas pelayanan provider hosting. Pelayanan provider hosting harus 24/7, yaitu aktif selama 24 jam selama 7 hari.Pelayanan hosting harus sedia customer service dan enginer yang siap melayani Kamu selama 25/7. Pelayanan juga sebaiknya memilih provider yang ramah dan profesional.

3. Peforma Hosting

Melihat peforma hosting meliputi berbagai spesifikasi hosting, mulai dari Diskspace, Bandwidth, Processor, dan RAM. Hosting merupakan sebuah komputer digital yang digunakan dengan tujuan homeless untuk umum, oleh sebab itu peforma hosting harus sangat diperhatian dalam memilih hosting. Sama seperti komputer, hosting yang berkualitas tinggi pastinya memiliki Diskspace, Bandwidth, Processor, RAM, dan Uptime Server dengan spesifikasi yang tinggi pula. Berdasarkan kebanyakan hosting yang dijual di beberapa provider hosting dengan spesifikasi standar memiliki : Diskspace : SSD dengan ukuran sesuai kebutuhan, Bandwidth : Unlimitied, Processor : Sesuai kebutuhan, namun Semakin besar semakin baik, dan RAM : Sesuai kebutuhan, namun Semakin besar semakin baik Uptime Server : 99,5% - 100% Untuk dapat mengetahui peforma hosting, Kamu bisa melihat spesifikasi hosting yang ditawarkan oleh pihak provider hosting sebelum membelinya. Hosting tidak harus memiliki peforma yang terbaik, peforma hosting bisa Kamu sesuaikan dengan rencana web yang akan Kamu bangun, Namun kamu harus memastikan uptime server hosting memiliki skala diatas 99,5%. Kamu bisa berkonsultasi pada suatu forum mengenai paket hosting yang cocok diguanakan sesuai dengan kebutuhan website Kamu.

4. Kapasitas Website dan Domain

Selanjutnya, Kamu harus memperhatikan kapasitas website dan domain yang bisa dipasang ke dalam paket hosting yang Kamu pilih. Banyak provider hosting yang menyediakan layanan hosting dengan kapasitas wesite dan domain mulai dari satu sampai unlimitied. Dalam menentukan kapasitas website dan domain yang bisa dikelola ke dalam pilihan paket hosting Kamu, sesuaikanlah dengan kebutuhan. Jika Kamu hanya ingin membangun satu website saja, pilihlah hosting yang menyediakan satu website saja untuk dikelola. Namun jika banyak, pilihlah opsi unlimitied.

4. Akses untuk Mengontrol Hosting

Setelah menentukan pilihan jumlah website yang bisa dikelola ke dalan hosting, cara memilih hosting selanjutnya adalah memperhatikan akses untuk mengontrol hosting yang diberikan oleh provider hosting. Tentunya merupakan masalah jika Kita membeli hosting namun tidak bisa mengontrol hosting tersebut. Pastikan ketika memilih hosting terdapat fungsi-fungsi vital yang berguna untuk mengelola hosting secara penuhseperti akses control panel, file manager, SSH, FTP, dan lain-lain. Kebanyakan provider hosting di Indonesia menyediakan fitur akses kontrol hosting secara penuh, Jadi Kamu tidak perlu khawatir dengan hal ini. Hindarilah penjual hosting perorangan, terkadang hosting bisa didapat dengan cara ilegal dari provider hosting luar.

5. Ketersediaan Layanan Back Up Data

Hosting yang berkualitas tentu harus menyediakan layanan back up data. Proses back up data-data yang ada di hosting sangat penting dilakukan, apabila terjadi pembobolan atau hal yang tidak diinginkan lainnya Kamu hanya tinggal mengembalikan data hosting dengan mudah.

6. Fitur Keamanan Hosting

Fitur-fitur keamana sangat wajib terpasang pada hosting agar hosting terhindar dari bahaya seperti Hacker, DDoS, BotNet, Spam maupun Malware. Hosting juga harus memiliki proteksi identitas agar data-data website yang bersifat provasi tidak dapat diketahui orang lain. Kamu bisa menanyakan hal ini kepada provider hosting yang akan Kamu beli.

7. Fitur Tambahan Hosting

Fitur tambahan yang disediakan provider hosting juga bisa Kamu jadikan acuan sebagai cara memilih hosting yang berkualitas.Hosting yang berkualitas biasanya memiliki fitur tambahan seperti auto script installer, plugin, dan masih banyak lagi. Konsultasikanlah kepada provider hosting yang ingin Kamu pilih.

8. Harga Hosting dan Layanan Uang Kembali

Masalah harga, kebanyakan hosting yang memiliki kualitas tinggi memasang harga yang begitu tinggi pula. Tentu hal ini sebanding dengan perawatan dan pengelolaan hosting yang disediakan provider hosting.Cari lah hosting secara legal kepada provider yang memiliki harga sedikit miring dengan kualitas luar biasa. Selain itu, Layanan uang kembali apabila terjadi masalah selama masa kontrak sewa hosting juga harus Kamu jadikan pertimbangan dalam memilih hosting untuk membangun sebuah web.

9. Reiew Pelanggan

Well yang terakhir, coba lah kumpulan review pelanggan dari suatu provider hosting yang ingin Kamu pilih. Pelanggan lama pastinya tahu plus minus suatu provider hosting.Pilih hosting dengan review pelanggan yang positif. Berikut adalah 9 cara untuk memilih hosting murah berkualitas yang baik untuk membangun website agar SEO Friendly. Belilah hosting sesuai dengan kebutuhan website Kamu. Jika hanya untuk kebutuhan blogging pribadi, self hosting merupakan pilihan yang mungkin cocok bagi Kamu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel