Cara Mengalahkan Perusahaan Besar Dalam Teknik SEO

Cara Mengalahkan Perusahaan Besar Dalam Teknik SEO


Teknik SEO adalah cara yang bisa Anda garap untuk mendapatkan ranking yang bagus di hasil pencarian yang bisa berujung pada meningkatnya brand awareness. Melakukan SEO sebenarnya mudah, Anda hanya tinggal membuat konten yang bagus, mengoptimasinya dengan beberapa teknik SEO agar sesuai dengan algoritma yang dipakai Google, memberikan UX yang bagus kepada audiens, dan menyelipkan backlinks.



Masalahnya selain mengerjakan teknik SEO tidak bisa dilakukan secara instan, harus sabar dan terus melakukan riset agar tahu mana teknik yang bisa mendatangkan lebih banyak traffic, mana yang membuat tingkat bounce rate Anda tinggi, dan sebagainya. Selain itu, Anda juga harus bersaing dengan perusahaan besar dengan budget yang besar sehingga teorinya mereka bisa melakukan lebih dari apa yang Anda lakukan. Benarkah? Nyatanya trik-trik berikut bisa Anda gunakan untuk melebihi SEO perusahaan besar dengan dana yang minimal atau bahkan tidak sama sekali.

1. Gerak cepat

Bagi Anda yang bekerja sendiri atau perusahaan masih dalam startup Anda memiliki keuntungan alur kerja yang lebih cepat karena tidak memiliki banyak lapisan SDM dan punya chain of command yang jauh lebih pendek. Ketika Anda ingin membuat konten dengan kata kunci yang menurut Anda bisa mendatangkan traffic lebih banyak maka Anda bisa langsung membuatnya sendiri. Beda dengan perusahaan besar yang harus menyuruh orang lain karena bos sibuk mengurusi hal yang lebih krusial bagi manajemen bisnis. Bisa melakukan eksekusi yang cepat adalah keuntungan usaha kecil dibandingkan perusahaan besar.

2. Peras konten lama untuk traffic baru

Selain membuat konten baru agar situs Anda bisa tetap update, jangan pula lupakan konten lama apalagi yang memiliki porsi traffic paling besar kontribusinya untuk situs Anda. Coba lihat 10 posts di situs Anda yang paling banyak menarik traffic, Anda bisa mengutak-atik halaman tersebut untuk mendapatkan traffic dan engagement yang baru dari audiens. Misalnya dengan menambahkan informasi paling baru pada topik yang dibahas, memperbaiki struktur penulisan agar lebih nyaman untuk dibaca, tambahkan dengan video yang relevan dan baru, dan sebagainya. Cara ini juga bisa menaikkan ranking konten yang turun karena konten-konten baru yang lebih menarik.

3. Fokus pada konten yang mendatangkan pemasukan

Anda fokus melakukan teknik SEO untuk meningkatkan ranking di hasil pencarian Google, tapi apakah peningkatan tersebut sebanding dengan peningkatan pendapatan Anda? Jika tidak maka kembalilah pada halaman-halaman yang bertanggung jawab untuk mendatangkan penghasilan pada Anda. Misalnya halaman dengan konten afiliasi. Kemudian lakukan optimasi terhadap halaman tersebut dibantu menggunakan Google Analytics untuk menemukan elemen apa yang bisa Anda tingkatkan kualitasnya agar bisa mendatangkan traffic yang lebih banyak dan terjadi konversi untuk memberikan pemasukan ke kantong Anda.

4. Optimasikan CTR

Konten dengan ranking tengah, jika mendapatkan banyak klik dan memiliki bounce rate yang rendah maka besar kemungkinannya ia akan segera dipromosikan untuk menempati ranking teratas. Artinya jangan hanya fokus untuk membuat konten dengan kualitas yang bagus namun Anda juga harus optimasikan judul, tag, dan juga meta description. Karena tiga unsur tersebut yang akan meyakinkan orang untuk mengklik dan membuka halaman Anda. Kemudian jangan sampai audiens hanya menghabiskan waktu beberapa detik saja di halaman Anda caranya dengan memastikan halaman bisa dibuka dengan cepat, isi konten menarik, ada gambar, bisa juga ditambahkan dengan video, tidak banyak banner iklan yang mengganggu tampilan konten.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel