Cara Tersembunyi Di Facebook Yang Bisa Digunakan Untuk Promosi Jitu


Cara Tersembunyi Di Facebook Yang Bisa Digunakan Untuk Promosi Jitu - Facebook masih jadi andalan para marketer untuk mendapatkan lebih banyak engagement dari target konsumennya, mungkin juga termasuk Anda. Dan umumnya senjata yang digunakan untuk mendapatkan perhatian yang luas dari target konsumen adalah dengan menjalankan Facebook Ads, yang katanya bisa dilakukan dengan budget rendah tapi nyatanya menggelontorkan budget yang besar pun belum jaminan Anda bisa mencapai target yang diinginkan. Tidak ada salahnya berinvestasi menggunakan Facebook Ads tapi sebenarnya Facebook memiliki sarana-sarana yang tersembunyi yang bisa digunakan untuk meningkatkan engagement bahkan lebih ampuh dari Facebook Ads. Apa saja?



1. Facebook Messenger

Tidak banyak marketer yang memanfaatkan Facebook Messenger sebagai alat untuk promosi. Padahal pesan dari Messenger memiliki kemungkinan yang lebih tinggi hingga 60% untuk dibaca dibandingkan dengan email, ia juga memiliki tingkat CTR yang tinggi serta tingkat konversi yang lumayan. Caranya cukup mudah, Anda hanya tinggal mengirimkan pesan ke pengguna Facebook melalui Facebook Messenger. Anda bahkan bisa menggunakan aplikasi chatbot seperti MobileMonkey untuk mengirimkan pesan secara otomatis untuk promosi langsung ke pengguna Facebook Messenger.

2. Comment Guard

Fitur ini adalah fitur pemasaran dari Facebook Messenger yang akan memasukkan kontak baru ke kontak Messenger Anda ketika orang tersebut memberikan komentar pada unggahan Facebook Anda. Misalnya ketika Anda mengunggah konten dengan potensi engagement yang tinggi, kemudian ada orang yang memberikan komentarnya orang tersebut akan mendapatkan pesan otomatis dari aplikasi chatbot yang Anda gunakan, dan akan langsung dimasukkan ke daftar kontak Anda. Dengan demikian Anda bisa punya banyak leads baru yang kemudian di-follow up dengan promosi-promosi yang menarik.

3. Messenger Ads

Ketika membuat Facebook Ads, pilih CTA agar audiens langsung membuka Facebook Messenger dan bukannya masuk ke landing page situs Anda. Audiens yang mau untuk mengikuti CTA iklan Anda adalah leads yang tertarik dengan apa yang bisnis Anda tawarkan jadi jangan ragu untuk langsung mengarahkannya untuk masuk ke conversion tunnel yang Anda miliki. MobileMonkey bisa membantu Anda untuk mengirimkan pesan kepada audiens melalui Facebook Messenger sehingga Anda tidak harus mengirimkan pesan promosi satu per satu pada ribuan followers yang Anda miliki di Facebook.

4. Messenger scan codes

Setiap profil yang menggunakan Facebook Messenger memiliki kode yang unik yang bisa dipindai untuk memudahkan orang lain masuk ke daftar kontaknya. Prinsip fungsinya mirip dengan QR code tapi dengan Messenger code Anda bisa mendapatkan kontak orang-orang yang menggunakan aplikasi Facebook Messenger dan secara sukarela mendaftarkan profilnya untuk menjadi bagian dari contact list Anda. Cara untuk mengetahui kode khusus yang Anda miliki adalah dengan mengetuk gambar profil yang muncul di bagian kanan atas, kemudian ketuk pada gambar profil Anda, gambar yang muncul adalah kode unik yang bisa Anda cetak di selebaran ketika ada acara workshop, di kartu nama, dan sebagainya.

5. Undang audiens untuk menjadi fan di fan page Anda

Jika Anda mendapatkan banyak engagement di unggahan Facebook dan mereka belum menjadi bagian dari fans di halaman Anda, maka Anda bisa mengundang mereka secara langsung untuk bergabung menjadi fan di fan page. Untungnya, mereka yang Anda undang adalah audiens yang sudah memiliki keterlibatan dalam unggahan Facebook Anda sehingga tingkat keberhasilan mereka untuk bersedia menjadi fan cukup tinggi. Caranya adalah dengan pilih unggahan Facebook yang memiliki engagement (komentar, share, maupun like), kemudian klik pada ikon engagement dan klik “invite” di samping nama profil pengguna Facebook.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel